Merencanakan ‘Kesehatan’ Keuangan

  • Whatsapp
Merencanakan 'Kesehatan' Keuangan - kumparan.com
Merencanakan 'kesehatan' Keuangan Kumparan.com

Hai! Apa kabar Moms? Kali ini aku mau cerita sedikit soal tips keuangan dari acara MOMS Mingle: Mom as the Guardian of the Family yang diadakan oleh kumparan dan Sun Life Financial Indonesia di restoran Cerita Rasa pada Sabtu, 20 Juli 2019.

Di acara tersebut ada 4 orang pembicara yang hadir, yaitu:

Muat Lebih

1. Shierly Ge, Chief Marketing Operation (CMO) Sun Life Financial Indonesia

2. Annissa Sagita– Financial Planner

3. Kelly Tandiono – Model dan Brand Ambassador Sun Life

4. Kania Annisa Anggiani– Mompreneur

Selain talkshow, ada juga games tentang keuangan di penghujung acara sebelum makan siang bersama. Ya, hitung-hitung kayak kuis dadakan setelah dikasih materi oleh dosen gitu. Hihi.

Di acara MOMS Mingle, aku dapat banyak banget ilmu mengenai financial yang cukup membuka mataku bahwa financial planning-ku selama ini masih jauh dari kata sehat. Iya, selain fisik dan mental, financial pun harus sehat loh Moms.

Sebagai ibu tunggal yang keuangannya belum stabil dan masih sering mikir, “Ah, ya ntar deh bisa nabungnya kalau twins sudah gedean,” itu ternyata salah banget loh. Harusnya tuh sebelum menikah dan selama hamil, aku sudah disiplin nabung untuk anak. Makanya beruntung banget bisa ikutan MOMS Mingle ini, jadi benar-benar harus disiplin soal keuangan. Apalagi anakku kembar dan masih kecil pula kan, whaaa segala kebutuhannya double, apalagi sekolahnya nanti. Semangat!

Nah, ini 5 poin yang aku rasa penting untuk dicatat dan sangat berguna untukku dalam mengatur keuangan, Moms.

Financial Check-up

Gunanya untuk mengetahui kemampuan financial kita, sebenarnya seperti apa sih, jadi enak bikin plan ke depannya. Pemasukan itu harus lebih besar dari pengeluaran dan seharusnya jumlah maksimal total cicilan hanyalah 30 persen dari pemasukan. Lalu, sebaiknya kita punya tabungan yang tidak di utak-atik, minimal senilai 3x pengeluaran bulanan. Waahh jadi makin semangat nabung ya Moms setelah tahu ini. Ya, demi masa depan keluarga juga kan?

Manajemen Cash Flow

Sadarilah, sekecil apapun pengeluaran dan pemasukan, tetap perlu dicatat. Walau itu cuma Rp 100, catat ya Moms. Kalau soal ini untungnya aku memang selalu disiplin mencatat. Hihi.

Dana Darurat

Ini nih Moms, tentang punya tabungan yang tidak di utak-atik minimal senilai 3x pengeluaran bulanan. Gunanya apa, sih? Ya, untuk digunakan ketika ada keadaan darurat, beneran darurat loh Moms, bukan “darurat” kayak skincare sudah mau habis. Hihihi.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa ini ternyata penting Moms, apalagi untuk tulang punggung keluarga. Ya apalagi kayak aku yang ibu tunggal gini, sangat penting! Jadi kalau terjadi sesuatu sama aku ya setidaknya twins sudah ada pegangan.

Tujuan Keuangan

Ini juga enggak kalah penting, biar tahu tujuan nabungnya itu apa. Uang yang kita punya itu untuk apa saja, jadi bisa dipisahkan pas terima uang supaya lebih disiplin, Moms.

Mbak Annisa juga memberi tips kalau sebaiknya pembagiannya begini, 40 persen untuk biaya hidup; 20 persen untuk masa depan (investasi/tabungan sekolah/dana travelling/beli rumah); 10 persen tabungan dana darurat; dan maksimal 30 persen untuk cicilan (lebih bagus kalau enggak ada cicilan sih jadi bisa dialokasikan untuk keperluan lain).

Beberapa poin di atas benar-benar bikin aku makin melek dan aware sama financial planning-ku untuk ke depannya. Aku berterimakasih banget pokoknya sama acara MOMS Mingle yang telah menyadarkan aku tentang financial. 😀

Kalau Moms atau kalian yang belum nikah, sudah pernahkah kalian melakukan financial check-up? Yuk dicek! Ingat loh, selain fisik dan mental, financial kalian juga perlu diperhatikan dan diperbaiki kalau memang masih kurang baik.

Semoga tulisanku ini bermanfaat ya, Moms!

#LiveHealthierLives #MomsMingle

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait