Menjaga Payudara Tetap Kencang Selama Menyusui dengan 5 Langkah Mudah

  • Whatsapp
Menjaga Payudara Tetap Kencang Selama Menyusui dengan 5 Langkah Mudah
Menjaga Payudara Tetap Kencang Selama Menyusui Dengan 5 Langkah Mudah

Setelah hamil dan melahirkan, menyusui bayi menjadi momen berharga bagi seorang ibu. Selain memberi asupan nutrisi terbaik, kontak fisik selama proses menyusui memperkuat ikatan batin ibu dan anak. Proses ini juga memberi rasa dan rileks bagi keduanya.

Namun, ada satu masalah umum yang dialami hampir semua ibu menyusui. Payudara jadi terasa kendur, proses produksi ASI serta gerakan mulut bayi membuat jaringan kulit dan otot payudara meregang.

Muat Lebih

Loading...

Ternyata ada cara mudah untuk menjaga payudara tetap kencang selama proses menyusui. Lima langkah mudah di bawah ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Yuk, simak dan langsung dipraktikkan!

1. Kurangi konsumsi makanan berminyak dan tinggi kadar gula

unsplash/GardieDesignSocialMediaMarketing

Payudara wanita tersusun oleh banyak jaringan lemak di dalamnya. Timbunan lemak berlebih bisa membuat payudara jadi nampak kendur dan turun. Apalagi saat proses menyusui, faktor proses produksi ASI dan gerakan mulut bayi saat menyedot menjadi faktor tambahan.

Untuk mencegah payudara makin kendur, batasi konsumsi makanan berminyak atau tinggi lemak serta atur juga asupan gula. Kelebihan gula di dalam tubuh juga akan tertimbun sebagai lemak.

Tapi, bukan berarti ibu menyusui gak butuh lemak dan gula, ya. Keduanya tetap termasuk nutrisi dasar yang dibutuhkan oleh tubuh. Pilih sumber lemak yang sehat dan konsumsi gula secukupnya.

2. Lakukan peregangan ringan yang berpusat pada otot dada

Menjaga Payudara Tetap Kencang Selama Menyusui dengan 5 Langkah Mudahamandadouglasevents.com

Menyusui dan mengurus bayi bukan alasan untuk malas berolahraga. Sempatkan melakukan peregangan ringan untuk membantu mempercepat penurunan berat badan usai melahirkan dan mengembalikan bentuk tubuh seperti semula.

Olahraga yang berpusat pada latihan otot dada juga membantu menjaga payudara tetap kencang selama proses menyusui. Lakukan latihan minimal tiga kali dalam seminggu, boleh menggunakan tambahan beban (barbel) agar hasil lebih optimal.

3. Memijat payudara ternyata bisa membuatnya kembali kencang, lho

Menjaga Payudara Tetap Kencang Selama Menyusui dengan 5 Langkah Mudahdailymail.co.uk

Selain memperlancar produksi ASI, ternyata melakukan pijat payudara bisa membuatnya kembali kencang. Gunakan minyak zaitun saat memijat payudara agar kulit luarnya jadi lebih halus dan cerah.

Bisa juga meminta bantuan pada suami, lho. Pijat payudara merangsang produksi hormon oksitosin dan prolaktin yang bikin ibu lebih rileks. Hasilnya, produksi ASI jadi makin lancar dan berkualitas.

4. Perhatikan posisi payudara dan bayi saat menyusui

Menjaga Payudara Tetap Kencang Selama Menyusui dengan 5 Langkah Mudahpixabay.com/PublicDomainPictures

Poin penting yang sering diabaikan ibu menyusui adalah gak memperhatikan posisi payudara dan bayi saat menyusu. Hindari mengeluarkan payudara dari bawah bra yang membuatnya jadi terjepit di bagian atasnya. Posisi ini justru membuat payudara makin kendur.

Selain itu, posisi menyusui dengan berbaring ke samping menghadap bayi juga berpotensi membuat payudara makin kendur. Posisi payudara jadi gak proporsional dan tarikan dari mulut bayi pun terasa makin kuat.

Usahakan lebih banyak menyusui bayi dalam posisi duduk sambil memangkunya. Posisi ini memungkinkan tubuh tetap tegak dan proporsional.

5. Pastikan istirahat cukup

Menjaga Payudara Tetap Kencang Selama Menyusui dengan 5 Langkah Mudahblog.lilysilk.com

Semua cara di atas akan sia-sia jika gak diikuti dengan istirahat yang cukup. Meski jam tidur malam saat menyusui kadang berantakan, tambah porsi istirahat pada siang hari. Cukup istirahat membuat tubuh lebih rileks sekaligus melancarkan metabolisme.

Bagi ibu menyusui yang mulai merasakan payudaranya mengendur, kelima tips mudah di atas bisa segera dipraktikkan di rumah. Tetap semangat meng-ASI-hi, ya!

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait