Mau Diet ? Gunakan Daun Sirih ini Untuk Diet Sehat Mu

  • Whatsapp
Mau Diet ? Gunakan Daun Sirih ini Untuk Diet Sehat Mu
Mau Diet ? Gunakan Daun Sirih Ini Untuk Diet Sehat Mu

Sirih adalah salah satu jenis tanaman merambat yang mempunyai banyak kegunaan. Manfaat umum yang banyak diketahui adalah untuk kesehatan dan kecantikan. Tapi ada manfaat lain yang tidak banyak diketahui yaitu untuk diet.

Muat Lebih

Loading...

Menggunakan daun sirih untuk diet dapat meluruhkan lemak dan sekaligus menghilangkan toksin yang berada di dalam tubuh. Lemak dan toksin tersebut akan terbuang bersama dengan urin atau feses. Jadi diet dengan daun sirih bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Tetapi tidak semua olahan daun sirih dapat bermanfaat untuk diet atau menghilangkan toksin. Beberapa contoh pengolahan daun sirih untuk mendapat manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

Cara Pertama

Bahan yang perlu disiapkan adalah daun sirih segar sebanyak 40 lembar, 1 sendok teh adas manis dan  sendok makan garam. Pertama – tama cuci bersih daun sirih dengan air mengalir. Kemudian rebus bersama dengan adas manis dan garam menggunakan 11 gelas air di atas api kecil sampai mendidih. Diamkan air rebusan selama beberapa menit. Jika sudah dingin, rebusan tersebut bisa disaring untuk diambil airnya. Minum air tersebut 3 kali sehari dan simpan sisanya.

Sisa air rebusan yang belum diminum tidak boleh disimpan dalam lemari es karena dapat menghilangkan efek untuk dietnya dan membuat badan lebih gemuk serta perut membuncit. Rebusan tersebut bisa disimpan di tempat sejuk yang terhindar dari sinar matahari secara langsung dan juga tertutup agar tidak dimasuki hewan atau kotoran lain.

Cara Kedua

Bahan yang perlu disiapkan adalah satu genggam daun sirih yang telah dicuci bersih, kunyit, jintan hitam dan madu. Hal pertama yang dilakukan adalah menincang halus daun sirih bersih dan 5 ruas kunyit. Kemudian rebus kedua bahan terebut menggunakan air sebanyak 2 gelas atau kurang lebih sekitar 400 ml. Tambahkan juga 2 sendok teh biji jintan hitam. Rebus campuran tersebut di atas api kecil hingga mendidih dan kurang lebih tersisa 1 gelas saja.

Diamkan sampai air rebusan menjadi dingin. Saring dan ambil airnya saja. Setelah itu tambahkan madu sebanyak 3 sendok makan setiap gelasnya. Campuran ini sebaiknya diminum secara rutin satu gelas sehari selama satu bulan agar manfaat dapat dirasakan dengan maksimal.

Cara ketiga

cara yang terbilang paling mudah dilakukan dan juga tidak memakan waktu lama untuk persiapan. Bahan yang diperlukan juga tidak sebanyak olahan pertama dan kedua. Yang harus disiapkan adalah 20 lembar dan 4 ruas temu kunci. Tumbuk halus kedua bahan bahan tersebut atau agar lebih halus bisa juga diblender. Tambahkan air mineral sebanyak satu gelas (sekitar 240 ml). Kemudian peras campuran tersebut. Minum 2 kali sehari setiap pagi dan malam masing – masing setengah gelas. Sebaiknya diminum secara rutin tiap hari agar didapat hasil terbaik.

Itulah beberapa contoh pengolahan daun sirih yang bertujuan untuk diet. Pilihan untuk menggunakan olahan yang mana tergantung pada masing – masing orang. Pilihlah yang menurut anda mudah dibuat dan bahannya mudah ditemukan di lingkungan dekat rumah.

Selain minum campuran – campuran ini, disarankan tetap melakukan olahraga secara rutin agar tubuh selalu sehat. Jangan lupa untuk mengatur pola makan dan minum air putih dalam jumlah yang cukup minimal 2 liter per hari. Istirahat yang cukup juga berperan penting dalam proses diet. Badan sehat, jiwa pun sehat.

Itulah bebarapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperolah diet sehat dengan mamanfaatkan daun sirih, Jangan lupa seimbangi pula dengan makanan 4 sehat 5 sempurna agar diet mu terjaga dan teratur ya



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait