Listrik Mati, Begini Cara Selamatkan ASIP di Freezer

  • Whatsapp
Listrik Mati, Begini Cara Selamatkan ASIP di Freezer
Listrik Mati, Begini Cara Selamatkan Asip Di Freezer

Mantapps.com – Listrik yang mati secara massal di separuh Pulau Jawa, pada Minggu (4/8/2019) hingga berangsur pulih pada Senin (5/8/2019) pagi tadi menjadi momok tersendiri bagi para ibu menyusui, khususnya mereka yang menyimpan stok Air Susu Ibu Perah (ASIP) di freezer.

Inilah yang juga menjadi kekhawatiran aktris dan penyanyi Tasya Kamila. Perempuan kelahiran 22 November 1992 itu memang masih memberi ASI pada putranya, Arrasya Bachtiar yang ia lahirkan pada 13 Mei 2019 lalu.

Muat Lebih

Loading...

Kekhawatiran tersebut ia ungkapkan melalui fitur Insta Story miliknya pada Minggu siang.

“Lagi di luar kota, katanya di rumah mati lampu. Langsung panik minta orang rumah buat selamatkan stok ASIP yang aku simpan di freezer,” tulis isteri Randi Bachtiar tersebut.

Lebih lanjut, Tasya juga menulis pertanyaan pada Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam postingannya tersebut.

“Dear @pln_id, kira2 sampe kapan ya mati lampunya? Aku harus gimana ni buat menyelamatkan ASI perahku?” tanyanya.

Nah, terkait pertanyaan Tasya, yang tentunya mewakili banyak ibu menyusui di rumah yang juga menyimpan ASIP di freezer, ada cara khusus yang bisa Anda segera terapkan di rumah.

Ini tentu saja untuk menyelamatkan cadangan ASI beku yang bisa pelan-pelan mencair karena suhu di dalam freezer meningkat.

Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), Nia Umar mengungkap saat listrik padam, sebaiknya ibu tidak perlu membuka tutup lemari es atau freezer jika tidak mendesak.

Membuka tutup lemari es atau freezer bisa membuat suhu di dalam akan berubah yang tentunya bisa mempengaruhi ASIP. Sebaliknya, jika tidak dibuka, ini akan membuatnya tetap dingin sementara waktu.

© Disediakan oleh PT Arkadia Media Nusantara

Selanjutnya, ibu bisa segera mencari kantong-kantong es batu, ice gel beku ataupun es batu balok untuk membentengi ASIP, kalau-kalau pemadaman listrik terjadi lebih dari 10 jam.

Caranya, es batu bisa diletakkan dengan mengelilingi ASIP atau mengisi celah yang kosong dengan kantong-kantong es batu tadi, atau dari es batu balok yang ibu miliki.

Dengan menyimpannya secara rapat dan padat dengan es batu, ini akan mempertahankan ASIP tetap dingin. Selanjutnya, siapkan kertas koran, lalu gulung-gulung untuk diletakkan di bagian pintu frrzer bagian dalam, setelah ibu mengelilingi ASIP dengan es batu.

“Paling tidak ini bisa aman untuk 6-8 jam, untuk mempertahankan titik beku ASIP, supaya aman untuk dibekukan kembali saat listrik sudah menyala,” kata dia.

Menurut para ahli, ASIP beku yang mengalami pemadaman listrik secara tuba-tiba sebenarnya bisa bertahan sampai 12 jam.

Jika ASIP telanjur mencair seluruhnya tanpa ada titik beku lagi, jangan buru-buru dibuang ya! ASIP beku yang sudah mencair bisa tahan hingga 24 jam sebelum Anda minumkan pada bayi. Prioritaskan untuk meminumkan ASIP yang mencair terlebih dahulu pada bayi Anda, agar tak terbuang sia-sia.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait