Kiat-Kiat Menjadi Mahasiswa Bugar Dan Sehat

  • Whatsapp
Tips Menjaga Kesehatan Mahasiswa
Tips Menjaga Kesehatan Mahasiswa

Dengan mengikuti kiat-kiat seperti di bawah ini, seorang mahasiswa diharapkan dapat menerapkan pola hidup yang lebih sehat dengan menambahkan olahraga pada aktivitas sehari-hari dapat lebih memilih makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan mendapatkan istirahat yang cukup.

Kehidupan seorang mahasiswa bisa sangat sibuk. Anda mungkin perlu melakukan tugas kuliah, memenuhi tanggung jawab keluarga, dan bekerja paruh waktu.

Muat Lebih

Loading...

Sebagai seorang mahasiswa, terkadang sangat sulit untuk menjalani pola hidup sehat seperti rutin berolahraga dan makan makanan yang sehat dan bergizi. Ditambah dengan jadwal yang padat, seringkali seorang mahasiswa tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Oleh karena itu, dengan mengikuti kiat-kiat seperti di bawah ini, seorang mahasiswa diharapkan dapat menerapkan pola hidup yang lebih sehat dengan menambahkan olahraga pada aktivitas sehari-hari.

Dapat lebih memilih makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan mendapatkan istirahat yang cukup.

1. Tips agar rutin berolahraga bagi seorang mahasiswa

Pertama, mari kita bicarakan mengapa penting untuk berolahraga. Bagi seorang mahasiswa yang sibuk, olahraga adalah pereda stres yang cukup ampuh. Dengan rutin berolahraga, dapat membantu Anda lebih fokus dalam hal pelajaran.

Rajin berolahraga juga sangat baik untuk kesehatan jantung, metabolisme, pengendalian berat badan, dan kekuatan otot. Idealnya, olahraga harus menjadi bagian dari setiap hari.

Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan beberapa jam waktu berolahraga setiap minggu, cobalah kiat di bawah ini untuk memasukan aktivitas olahraga ke dalam rutinitas mingguan Anda.

  • Mulailah hari Anda dengan berolahraga. Bangun 30 menit lebih awal untuk berolahraga. Berolahraga di pagi hari memberi Anda lebih banyak energi sepanjang hari, dan olahraga di pagi hari dapat membuat Anda tidak menunda-nunda waktu olahraga. Beberapa orang bahkan tidur menggunakan pakaian olahraga, sehingga mereka siap untuk berolahraga ketika jam alarm berdering.
  • Usahakan untuk berjalan atau bersepeda saat pergi ke kampus.
  • Biasakan gunakan tangga, dan mengurangi penggunaan lift.
  • Lakukan latihan keseimbangan saat Anda mengantri atau menyikat gigi.
  • Buat waktu istirahat belajar Anda menjadi waktu melakukan olahraga santai. Anda dapat melakukannya dengan berjalan-jalanlah berputar blok, melakukan 20 kali jumping jacks, atau melakukan beberapa kali push-up.
  • Berolahraga sambil menonton TV. Anda dapat mencoba melakukan crunch atau squat sambil menonton tv, sehingga Anda masih bisa melihat pertunjukan favorit Anda. Anda juga bisa melakukan kegiatan aerobik selama iklan, seperti jumping jacks atau lompat tali.
  • Lakukan kegiatan olahraga bersama seorang teman agar bisa dapat saling mendukung.
  • Gunakan aplikasi kebugaran di ponsel Anda untuk membantu Anda melacak seberapa banyak Anda berolahraga. Terkadang aplikasi dapat membantu memotivasi Anda untuk melakukan lebih banyak aktivitas.

2. Tips memulai diet sehat untuk mahasiswa

1. Mulai dari hal yang kecil

Setiap langkah, tidak peduli seberapa kecil, tidak masalah jika langkah tersebut mengarah ke jalan yang benar. Mulailah dengan membuat makanan Anda sedikit lebih sehat.

Sebagai contoh, jika Anda biasa mengkonsumsi telur goreng, ganti telur goreng menjadi telur rebus. Anda juga bisa mengganti konsumsi nasi putih menjadi nasi merah dan sebagainya.

Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan jika melakukan perubahan kecil secara bertahap dan melakukannya secara konsisten.

2. Mendapatkan asupan protein ke dalam setiap makanan

Jika Anda hanya makan roti di pagi hari, Anda mungkin akan merasa lapar lagi, beberapa menit kemudian. Hal ini disebabkan karena camilan yang Anda konsumsi kemungkinan kekurangan protein tetapi tinggi gula.

Menambahkan protein ke setiap makanan dan camilan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi perubahan gula darah.

Anda dapat mengkonsumsi makanan yang tinggi protein namun seperti dada ayam, telur, kacang-kacangan dan tahu, mengingat harga bahan-bahan makanan tersebut cukup terjangkau.

3. Rencanakan sebelumnya dan jangan pernah melewatkan waktu makan

Otak Anda, seperti seluruh tubuh Anda membutuhkan bahan bakar. Melewatkan waktu makan dapat berdampak negatif pada konsentrasi dan mempersulit pencapaian tujuan akademis dan kebugaran.

Oleh karena itu, persiapkan makanan Anda sebelum Anda memulai hari Anda. Karena gagal dalam persiapan sama dengan bersiap untuk gagal.

Oleh karena itu, disarankan bagi Anda untuk menyiapkan snack yang dibungkus dalam bungkus kecil seperti kacang-kacangan, telur rebus, atau protein bar dan menyiapkan 3 porsi makanan untuk dikonsumsi sepanjang hari.

Jika memungkinkan, Anda dapat menyiapkan makanan untuk beberapa hari ke depan, Agar Anda tidak mengambil keputusan yang salah ketika memilih makanan dalam keadaan lapar.

3. Mendapatkan waktu istirahat yang cukup

Yang paling terpenting dari semuanya adalah waktu istirahat yang cukup. Seringkali sebagai seorang mahasiswa yang tinggal di kota modern, seorang mahasiswa akan sibuk kegiatan kuliah pada siang hari dan sibuk untuk pergi bersama teman-teman pada malam hari.

Kurangi kegiatan Anda pada malam hari dan cobalah untuk mendapatkan waktu istirahat demi kebaikan tubuh Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Rata-rata penilaian: 4,1 berdasarkan 873 ulasan

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait