Ketahui Fakta Bed rest Selama Kehamilan

  • Whatsapp
Ketahui Fakta Bed rest Selama Kehamilan
Ketahui Fakta Bed Rest Selama Kehamilan

Bed rest dalam wikipedia disebut dengan tirah baring. Tirah baring merupakan perawatan kedokteran yang melibatkan berbaringnya pasien di tempat tidur untuk suatu jangka waktu. Perawatan ini diperlakukan untuk suatu penyakit atau kondisi medis tertentu.

Muat Lebih

Loading...

© Anda Nurlaila
Selama kehamilan, sebagian kecil calon ibu memerlukan bed rest. Pembatasan pergerakan selama kehamilan dimungkinkan jika Ibu dan bayi memiliki risiko kesehatan jika ibu melakukan aktivitas normal.
Jakarta: Selama kehamilan, sebagian kecil calon ibu memerlukan bed rest. Pembatasan pergerakan selama kehamilan dimungkinkan jika Ibu dan bayi memiliki risiko kesehatan jika ibu melakukan aktivitas normal.

Istirahat dan mengurangi aktivitas normal selama kehamilan tidak direkomendasikan untuk sebagian besar kehamilan. Bed rest akan meningkatkan aliran darah ke plasenta. Namun tidak ada bukti bed rest mengurangi risiko kelahiran prematur.

Dalam situasi yang jarang terjadi, bed rest direkomendasikan dengan berbagai tingkat pembatasan aktivitas. Dalam beberapa kasus, ibu hamil hanya mengurangi aktivitas dalam waktu tertentu selama kehamilan.

Selain bebas bergerak di rumah, Anda juga masih dapat bekerja dari rumah. Dokter mungkin menyarankan Anda menghindari menggendong anak atau mengerjakan pekerjaan rumah berat. 

Dimuat dalam Mayoclinic, pada kasus lain, bed rest mungkin lebih ketat. Badan mungkin harus selalu dalam posisi duduk atau berbaring. Calon ibu hanya bangun untuk menggunakan toilet atau mandi. Anda juga tidak diizinkan bekerja atau melakukan pekerjaan rumah tangga hingga bayi lahir.

Apa itu istirahat panggul dan waktu dianjurkan? Istirahat panggul disarankan jika Anda mengalami plasenta pervia, yakni kondisi jika plasenta menutupi serviks sebagian atau seluruhnya. Kondisi ini berisiko lebih tinggi mengalami persalinan prematur atau operasi selama kehamilan.

Calon ibu juga menghindari aktivitas yang meningkatkan tekanan pada panggul atau kontraksi otot panggul, termasuk:

– Berhubungan intim

– Menggunakan pembersih organ intim

– Penggunaan tampon

– Jongkok berulang-ulang

– Jalan cepat atau latihan tubuh bagian bawah lain

Efek samping bed rest Istirahat di tempat tidur selama kehamilan dapat menimbulkan risiko kesehatan, termasuk:

– Gumpalan darah di vena dalam, seperti vena di kaki Anda (tromboemboli vena)

– Massa tulang berkurang (demineralisasi tulang)

– Dekondisi muskuloskeletal dan kardiovaskular

– Kehilangan berat badan atau penambahan berat badan  ibu   

– Stres karena menyalahkan diri sendiri, masalah perawatan anak, dan kekhawatiran tentang kehilangan pekerjaan atau masalah keuangan

– Peningkatan risiko depresi dan kecemasan

image medcom© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia
image medcom

(Dalam situasi yang jarang terjadi, bed rest direkomendasikan dengan berbagai tingkat pembatasan aktivitas. Dalam beberapa kasus, ibu hamil hanya mengurangi aktivitas dalam waktu tertentu selama kehamilan. Foto: Pexels.com)

Aturan

Jika dokter merekomendasikan bed rest, sebaiknya tanyakan beberapa hal berikut:

Pengaturan waktu:

Mengapa saya membutuhkannya? Kapan dimulai? Apakah pembatasan akan dicabut jika gejala saya membaik?

Posisi:

Apakah boleh duduk? Untuk berapa lama? Bisakah naik tangga? Saat berbaring, apakah saya perlu dalam posisi tertentu? Apa yang bisa saya lakukan untuk mencegah pembekuan darah?

Kebersihan pribadi:

Apakah saya tetap bisa menggunakan toilet, mandi atau keramas?

Aktivitas:

Apakah boleh makan malam di meja? Bisakah saya melipat cucian atau melakukan pekerjaan ringan lainnya? Bisakah saya mengendarai mobil? Apakah boleh melakukan peregangan ringan atau jenis olahraga lainnya?

Seks:

Apakah boleh melakukan hubungan seks? Bagaimana dengan seks oral? Orgasme?

Mengatasi pembatasan gerakan

Meski harus beristirahat selama kehamilan, Anda dapat memanfaatkan situasi dengan sebaik-baiknya. Lakukan beberapa hal berikut:

Terorganisir

Pastikan semua yang Anda butuhkan dapat dijangkau.

Kalahkan kebosanan

Email, teks atau tulis surat. Atur ulang foto atau mulai membuat scrapbook. Pelajari teknik relaksasi untuk persalinan.

Tetap lentur

Jika dokter menyetujui, Anda dapat berjalan, melakukan peregangan atau melakukan olahraga ringan.

Terima bantuan

Buat daftar pekerjaan yang dapat dilakukan orang lain seperti membeli bahan makanan, menata boks bayi, membersihkan kamar mandi, membawa anak-anak ke taman atau menemani Anda.

Bantu anak yang lebih besar menyesuaikan diri

Jika Anda memiliki anak, berikan perhatian sebanyak yang Anda bisa. Baca buku, warnai atau tonton film bersama, kunjungan ke kakek-nenek dan seterusnya.

Mencari dukungan. Untuk mempertahankan sikap positif, Jalin komunikasi dengan calon ibu lain yang juga disarankan bed rest. Anda dapat berbagi informasi. Jika kesulitan dalam mengatasi, minta bantuan dokter atau penyedia layanan kesehatan mental.

Kendalikan emosional

Bagi ketakutan, harapan, dan kekhawatiran dengan pasangan Anda. Jika seks tidak diizinkan, cari cara lain untuk mempertahankan keintiman.

Istirahat total selama kehamilan biasanya tidak lagi direkomendasikan, kecuali dalam keadaan yang sangat jarang. Jika dokter menyarakankan bedrest diskusikan alasannya dan apakah istirahat panggul merupakan alternatif. Fokuslah untuk tetap sehat sehingga dapat menggendong bayi Anda dengan sehat.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait