Ini Tips Mengelola Diabetes untuk Ibu Baru

  • Whatsapp
Ini Tips Mengelola Diabetes untuk Ibu Baru
Ini Tips Mengelola Diabetes Untuk Ibu Baru

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang telah memengaruhi jutaan orang, yang bahkan bisa mengancam jiwanya. Saat Anda memiliki diabetes, maka hidup Anda harus lebih teratur, karena diabetes tidak bisa disembuhkan, namun hanya bisa dikelola dengan baik. Ini mungkin terasa sedikit menyulitkan, terutama bagi Anda ibu baru dengan diabetes.

Diabetes adalah gangguan metabolisme di mana glukosa atau kadar gula darah seseorang bisa menjadi sangat tinggi, sehingga memengaruhi fungsi-fungsi tertentu dan juga organ-organ dalam tubuh.

Muat Lebih

Loading...

Ketika ada ketidakseimbangan insulin dalam tubuh, maka kadar glukosa darah bisa menlonjak, menjadi sangat tinggi, dan inilah yang menjadi asal mula dari diabetes di dalam tubuh Anda.

Diabetes adalah gangguan yang sangat umum, yang biasanya menyerang orang di atas usia 40 tahun. Namun, diabetes juga bisa terjadi pada seseorang dengan usia yang lebih muda, atau bahkan anak-anak.

Untuk Anda yang baru saja melahirkan, mungkin Anda berpikir bahwa hidup akan terasa dua kali lipat lebih sulit, jika Anda harus mengurus anak sambil tetap mengelola diabetes dengan baik. Tapi, Anda harus tetap berjuang, tentunya demi kebaikan Anda dan keluarga Anda, terutama bagi si buah hati yang baru lahir ke dunia.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu baru, agar bisa mengelola diabetes dengan baik:

Tips 1

Pertama, penting untuk tetap menyadari bahwa Anda memiliki kekuatan untuk tetap bisa mengelola diabetes dan bayi secara bersama-sama, jadi jangan berkecil hati dan tetap semangat!

Tips 2

Setelah kehamilan, tubuh Anda akan mengalami banyak perubahan yang biasanya membuat tubuh menjadi lebih lemah. Selalu konsultasikan kondisi tubuh Anda denga dokter dan tetaplah menjalani diet yang sehat untuk mengelola gejala diabetes agar tidak bertambah parah.

Tips 3

Lakukan tes darah secara rutin untuk melihat apakah kadar gula darah Anda tetap terkendali. Perubahan hormon setelah kehamilan dapat mengganggu kadar gula darah.

Tips 4

Pastikan Anda berolahraga secara teratur, sehingga Anda bisa cepat menurunkan berat badan berlebih selama masa kehamilan. Kelebihan berat badan yang tidak segera dikontrol, dapat memperburuk gejala diabetes.

Tips 5

Meskipun Anda akan sangat sibuk merawat bayi Anda sebagai ibu baru, tapi ingatlah selalu satu hal, bahwa sangat penting bagi Anda untuk juga beristirahat. Ini karena diabetes yang Anda miliki dapat membuat Anda lebih merasa lelah.

Tips 6

Anda tetap bisa menyusui bayi secara normal, jika Anda menderita diabetes. Namun, bicarakan dulu dengan dokter sebelum Anda melakukannya.

Tips 7

Pastikan bahwa Anda selalu memakan makanan yang sehat. Bagi lah juga makanan Anda ke dalam porsi-porsi yang lebih kecil, karena wanita penderita diabetes, terutama ibu baru cenderung mengalami tekanan darah rendah.

Article By Claudia Ramadhani

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait