Ini Tips Bikin Jamban di Perkotaan Ala Germas Puskemas Janti

  • Whatsapp
Ini Tips Bikin Jamban di Perkotaan Ala Germas Puskemas Janti
Ini Tips Bikin Jamban Di Perkotaan Ala Germas Puskemas Janti

KOTA MALANG – Lagi-lagi Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) terus mengeluarkan anjuran-anjuran guna menciptakan masyarakat yang cerdas dan sehat.

Kali ini Germas menganjurkan penerapan ODF (Open Defecation Free) atau gerakan untuk meninggalkan buang air besar (BAB) sembarangan. BAB sembarangan misalnya dilakukan di sungai, hal ini jika dilakukan terus menerus akan menimbulkan pencemaran sungai dan memicu lingkungan yang tidak sehat.

Muat Lebih

Di Kota Malang jika diamati sebenarnya sudah jarang sekali masyarakat bantaran sungai yang BAB di tepi sungai. Namun, saluran jamban atau WC mereka tetap mengalir ke sungai.

“Misalnya di Kampung Jodipan itu lihat aja dibagian belakang rumahnya selalu ada corong yang mengarah ke sungai, itu saluran pembungan mereka dari jamban,” tegas Kepala UPT Puskesmas Janti, Endang Listyowati, S.Kep.Ns, MM.Kes.

Padahal menurut Endang harusnya kotoran dari BAB ditimbun ditempat penimbunan septic tank. Standar jarak antara rumah dan septic tank yakni 10 meter. Lalu bagaimana dengan rumah di kawasan perkotaan masa kini terutama sungai? Bukankan rumah mereka sangat rapat dan jarang ditemukan tanah kosong untuk memasang septic tank?

“Ya benar sekali di Kota 10 meter itu udah nggak mungkin jadi kita anjurkan menggunakan septic tank biofilter,” tambahnya.

Berbeda dengan septic tank konvensional yang biasanya dibuat dengan bata atau semacamnya, septic tank biofilter berbentuk tabung dan terbuat dari fiberglass. Tabung ini sangat kokoh dan ramah lingkungan. Septic tank biofilter tidak akan mencemari air tanah sebab limbah tertampung dengan aman di dalam wadah tank yang kuat.

Limbah tersebut sama sekali tidak akan meresap ke dalam pori-pori tanah. Di dalam septic tank, limbah akan disaring, diuraikan, serta disterilisasi sehingga kondisinya lebih aman untuk dikeluarkan.

“Penempatannya pun mudah, tidak perlu jarak 10 meter dari rumah. Karena bisa ditanam di bawah tanah paving atau jalan di kampung gitu,” tambah Endang. Untuk ukuran kurang lebih 100 liter, septic yank biofilter bisa digunakan sekitar 5 rumah. Di wilayah UPT Puskesmas Janti, lokasi yang sudah menggunakan septic tank biofilter adalah RW 1 dan 2 Ngaglik, Kecamatan Sukun.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Istimewa

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait