Heboh Kabar Buah Naga Dibuang Ke Sungai, Padahal Bisa Dibuat Obat Jerawat

  • Whatsapp

#Manfaat #BuahNaga #Obat Mantapps.com, Jakarta – Beberapa waktu lalu, media sosial diramaikan dengan video buah naga yang dibuang ke sungai. Kejadian itu dipicu harga buah naga yang anjlok sehingga petani di Banyuwangi membuang buah naga ‘reject’ yang tak laku di pasaran.

Permasalahan ini belum menemukan titik temu karena para petani dan warga di Banyuwangi masih kebingungan mendistribusikan buah naga yang jumlahnya berlebih. Harga jualnya pun sangat rendah, yaitu Rp 1.500 hingga Rp 2.000 per kilogram (kg).

Buah naga memiliki banyak manfaat termasuk untuk kecantikan. Sesuai namanya, ‘naga’, buah ini memiliki kekuatan yang cukup baik dalam menghadapi permasalahan kulit seperti jerawat dan sunburn. Berikut adalah manfaat buah naga untuk kecantikan yang perlu diketahui.

1. Meredakan Jerawat

Buah naga mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kulit, salah satunya mengurangi peradangan pada jerawat. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, yaitu dengan mengambil isi buah naga lalu dihancurkan sehingga membentuk pasta.

Totolkan pada jerawat menggunakan cotton bud. Jika ada lebih dari satu jerawat, gunakan cotton bud atau kapas yang berbeda. Diamkan selama 15 menit atau pakai sebelum tidur.

2. Meredakan Sunburn

Buah naga juga bisa digunakan sebagai masker setelah seharian beraktivitas di luar. Buah naga bisa meredakan inflamasi akibat sinar UVA. Kandungan vitamin C pada buah naga akan semakin baik jika ditambah dengan vitamin E.

Cara membuat maskernya adalah dengan melarutkan kapsul vitamin E dengan buah naga yang telah dihancurkan seperti krim. Aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan dan diamkan hingga 30 menit. Setelah dibersihkan, wajah akan terasa lebih segar dan sejuk.

3. Mencegah Kerutan di Wajah

Kerutan di wajah merupakan sesuatu yang natural terjadi pada manusia. Kerutan dan ciri penuaan kulit yang lain bisa datang lebih cepat jika kulit tidak terhidrasi dengan baik dan terpapar sinar UVA dan UVB tanpa perlindungan.

Masker buah naga bisa membantu menghidrasi kulit sehingga mencegah kerutan di wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan buah naga dengan Yoghurt dan menggunakannya sebagai masker. Takarannya adalah 1/2 buah naga dicampur dengan satu sendok yoghurt. Gunakan masker selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Gunakan secara rutin minimal 1 kali seminggu.

4. Membuat Kulit Glowing

Vitamin C yang terkandung dalam buah naga juga bisa membuat kulit lebih lembab sehingga terlihat glowing. Caranya adalah dengan memakan buah naga di waktu yang tepat yaitu satu jam sebelum makan agar bisa tercerna dengan baik. Konsumsi buah naga secara teratur agar terasa khasiatnya.

5. Merawat Rambut yang Diwarnai

Buah naga juga bagus untuk kesehatan rambut, khususnya rambut yang diwarnai. Biasanya rambut yang diwarnai menjadi cepat kering dan rusak. Buah naga menutrisi rambut sehingga lebih sehat.

Caranya adalah dengan membuat masker dari buah naga. Tak perlu bahan lain, cukup gunakan buah naga saja yang dilumatkan sehingga membentuk pasta seperti tekstur masker rambut. 

Pos terkait