Efek Menelan Biji Buah

  • Whatsapp
Efek Menelan Biji Buah
Efek Menelan Biji Buah

© Sunnaholomi Halakrispen
Makan buah yang berbiji terasa enak. Tetapi, ketika menelan si biji buah, apakah hal itu aman bagi kesehatan? Jika Anda pernah memakannya, berikut di bawah ini perlu Anda perhatikan.

Muat Lebih

Loading...

Jakarta: Makan buah yang berbiji terasa enak. Tetapi, ketika menelan si biji buah, apakah hal itu aman bagi kesehatan? Jika Anda pernah memakannya, berikut di bawah ini perlu Anda perhatikan.

Ada sebagian orang yang merasa sayang untuk membuang apa pun bahan makanan di dapurnya. Bahkan biji buah dimasak dan dijadikan sirup lezat. Tetapi bagi banyak orang, ada kekhawatiran tentang keamanan biji buah.

Apakah biji buah tidak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Misalnya, ketika Anda mengolah biji buah ceri yang konon mengandung sianida.

Biji-bijian dari buah-buahan batu seperti aprikot, ceri, plum, dan buah persik, mengandung senyawa yang disebut amygdalin, yang terurai menjadi hidrogen sianida ketika tertelan. Ya, hidrogen sianida jelas merupakan racun.

“Bisa saja, keracunan karena menelan beberapa biji atau benih tidak disengaja. Tetap saja, konsumsi harus dihindari. Biji tidak boleh dihancurkan atau ditempatkan dalam blender untuk dikonsumsi,” kata Poison Control.

Menurut The Food Safety Hazard Guidebook, hidrogen sianida bukanlah zat yang tahan panas dan tidak dapat bertahan untuk dimasak. Itulah sebabnya Anda mungkin melihat beberapa resep yang menyerukan untuk memanggang atau memasak biji buah.

Bahkan jika Anda sengaja memakannya mentah, Anda akan merasa sakit. Basis data National Institute of Health tentang zat-zat beracun mengatakan, manusia seberat 68 kilogram dapat dengan aman mengonsumsi 703 miligram hidrogen sianida per hari, sebelum mulai menderita efek buruk apa pun.

Menurut analisis ilmiah, biji aprikot mentah mengandung rata-rata sekitar 432 miligram hidrogen sianida per ons atau sekitar 48 biji buah. Tiga puluh biji persik mentah juga mencapai satu ons dan mengandung sekitar 204 miligram hidrogen sianida dan 200 biji ceri mentah atau satu ons, mengandung 117 miligram zat yang relatif rendah.

Jadi, bahkan jika Anda lupa memanggang lubang ceri dalam resep dan menggunakan beberapa sendok makan, Anda masih jauh di bawah batas aman. Sementara itu, yang perlu digarisbawahi ialah lembaga pengendalian racun tidak merekomendasikan untuk secara sengaja menelan biji buah. Namun, jika Anda makan secara tidak sengaja, Anda mungkin baik-baik saja.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait