Dapatkan Kulit Sehat dengan 6 Tips Sederhana Ini

  • Whatsapp
Dapatkan Kulit Sehat dengan 6 Tips Sederhana Ini
Dapatkan Kulit Sehat Dengan 6 Tips Sederhana Ini

Kepribadian adalah representasi holistik tentang diri Anda sebenarnya di mata orang lain. Dan karenanya, kulit wajah memainkan peran yang sangat penting dalam bagaimana orang-orang melihat sosok Anda. Kulit yang indah dan sehat, tentunya akan menggambarkan kepribadian Anda sebagai seseorang yang peduli pada hal-hal sekitar, contohnya kondisi kulit itu sendiri. Banyak wanita rela menghabiskan puluhan juta rupiah untuk membeli kosmetik dan melakukan perawatan kulit di salon kecantikan. Sebanyak apapun usaha Anda untuk memperbaiki kulit di detik-detik terakhir, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan sehari-hari untuk menjaga agar kulit Anda tetap sehat dan terawat.

Muat Lebih

Penyebab Kerusakan Kulit

Tapi sebelum kami membahas tentang tips kulit yang sehat, kami harus menjelaskan terlebih dahulu apa saja penyebab yang dapat merusak kondisi kulit Anda. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Kekurangan Hidrasi

Kekurangan Hidrasi Pada Kulit.

Sama seperti keadaan dimana Anda perlu tetap terhidrasi untuk menghindari sensasi tenggorokan yang sangat kering, sangat penting untuk memberikan kelembaban pada kulit agar kita dijauhkan dari kondisi kulit yang kering bahkan bersisik. Sel-sel kulit terbuat dari air dan perlu diisi ulang agar tetap terhidrasi. Minum air dengan jumlah yang dianjurkan adalah satu-satunya cara untuk memberikan kelembaban karena air diklaim sebagai makanan terbaik untuk kulit.

2. Merokok

Apa pun alasannya, sekarang Anda harus mulai menyadari bahwa merokok tidak akan mengurangi tingkat stres Anda. Satu-satunya hal yang berhasil dilakukan selain membuat Anda rentan terhadap berbagai masalah pernapasan dan jantung, adalah mengeringkan kulit dan membuat Anda terlihat seperti papan yang retak. Jadi berhentilah merokok!

3. Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Sinar UV dapat merusak kulit.
Sinar UV dapat merusak kulit.

Betapa menyenangkannya beberapa jam menikmati suasana di bawah sinar matahari! Tapi kemudian, ketika Anda melihat diri Anda di cermin, rasa menyesal dan panik yang Anda rasakan. Kulit akan mengalami kerusakan akibat terpapar pada sinar matahari secara langsung terus-menerus. Anda tidak dapat menghindari matahari, tetapi bisa menggunakan tabir surya sebagai tindakan pencegahan. Jangan pernah lupakan untuk menggunakannya setiap pagi.

4. Tidak Berolahraga

Selain membuat Anda gemuk, kurangnya olahraga juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan berkurangnya tampilan kulit yang berkilau. Penyebabnya adalah aliran darah yang tidak cukup bagi oksigen untuk melintasi setiap sel pada organ tubuh, termasuk sel-sel kulit Anda.

5. Pola Makan Buruk

Pola Makan Buruk
Hindari junk food demi kulit yang sehat.

Kulit membutuhkan nutrisi yang bermacam-macam dan kandungan tersebut tidak akan pernah Anda temukan pada restoran cepat saji yang Anda cintai! Penuhi nutrisi kulit Anda dengan makanan yang sehat maka kulitpun akan nampak indah seperti yang Anda harapkan. Gayung bersambut!

Sekarang Anda sudah tahu apa yang harus Anda hentikan. Berikut ini tips untuk kulit yang lebih sehat.

Cara Mendapatkan Kulit yang Sehat

Tips 1 – Riasan yang Minim

Kami ingin bertanya kepada Anda para wanita, bisakah Anda meminimalkan penggunaan makeup? Tidak perlu untuk selalu menggunakan perona pipi, concealer, foundation, mousse atau apapun itu. Memang, mengaplikasikan riasan dapat menambahkan lapisan halus pada kulit Anda sehingga akan nampak bersinar. Tetapi bagaimana dengan kulit asli Anda? Apakah benar-benar bersinar? Tidak peduli seberapa mahal merek kosmetik yang Anda gunakan, kandungannya tetap akan merusak sebagian besar kulit. Disini kami tidak menyuruh untuk membuang produk-produk tersebut dari rak Anda; namun sebisa mungkin, jauhkan pada hari-hari tertentu. Sisanya, lembabkan kulit Anda dan gunakan tabir surya. Biarkan kulit bernafas sejenak.

Tips 2 – Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah
Selalu bersihkan wajah setiap sebelum tidur.

Ini adalah solusi yang paling mendasar dari semua ahli kecantikan, tidak peduli seberapa sering pertanyaan tentang bagaimana menjaga kulit agar tetap sehat. Walaupun terkadang Anda merasa terlalu lelah setelah berpesta semalaman, bersihkan semua kotoran dan riasan dari kulit Anda. Wajah harus dibersihkan dari semua bahan kimia yang terkandung dalam makeup. Riasan disini bekerja sebagai masker kencang yang menyumbat pori-pori wajah. Jika Anda memutuskan untuk tetap tidur dengan kondisi wajah yang kotor, niscaya keesokan paginya Anda akan terbangun dengan jerawat yang besar dan memalukan.

Tips 3 – Mengoleskan Tabir Surya

Tabir surya adalah suatu produk yang wajib digunakan untuk kulit Anda. Efek sinar matahari sangat berbahaya lebih dari yang pernah kita pikirkan. Kanker kulit, penuaan dini, ruam, semua ini disebabkan ketika kulit Anda terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa menggunakan perlindungan apa pun.

Gunakan tabir surya ber-SPF pada wajah Anda setiap sebelum keluar rumah untuk melindungi kulit dari semua anomali yang disebabkan oleh sinar matahari jahat pada kulit. Tidak peduli musim apa, cuaca sedang cerah atau mendung, selalu gunakan tabir surya. Ahli kecantikan juga menganjurkan untuk tetap menggunakannya walaupun Anda berada di dalam rumah, mobil atau bahkan pesawat. Para selebriti selalu menggunakan tabir surya dengan SPF untuk menjaga kulit tetap sehat dan bebas dari noda hitam serta warna kulit yang tidak rata.

Tips 4 – Mengeksfoliasi Wajah

Semua tips kulit sehat untuk wanita mengatakan bahwa Anda harus mengeksfoliasi wajah setidaknya dua kali seminggu. Menggosok wajah Anda dengan bulir-bulir halus akan merontokkan semua sel-sel kulit mati yang mungkin telah menyumbat pori-pori sehingga akan menyebabkan jerawat, komedo dan whiteheads. Menggosok wajah Anda juga akan meningkatkan tekstur kulit, menambah cahaya dan juga membersihkan kulit dari semua racun. Jangan lakukan rutinitas ini setiap hari, karena justru akan membuat kulit semakin kering.

Tips 5 – Melembabkan Kulit

Menggunakan pelembab wajah
Lembabkan wajah dengan pelembab yang berkualitas.

Ya, selain membuat kulit Anda terhidrasi dari dalam, menggunakan pelembab yang berkualitas juga akan menutrisi kulit. Pelembab memang tidak akan menambahkan kelembaban yang luar biasa banyak dengan penggunaan tunggal. Tapi dapat mengunci hidrasi yang sudah ada, sehingga penting untuk membuat kulit Anda tetap lembab. Setelah mandi, jadikanlah sebuah rutinitas untuk melembabkan agar tetap terawat. Selain itu sebelum tidur, Anda juga bisa meletakan handuk yang sudah direndam pada air hangat di atas wajah Anda, dan biarkan selama beberapa waktu. Dengan cara ini maka pori-pori wajah akan terbuka sehingga mengijinkan pelembab menyerap dengan sempurna pada kulit.

Tips 6 – Konsumsi Makanan yang Sehat

a. Makanan yang Kaya Vitamin C

Buah-buahan dan sayur-sayuran sangat kaya akan vitamin C. Kandungan ini memproduksi kolagen yang bertanggung jawab pada kekencangan kulit Anda. Jadi sekarang Anda cukup paham bukan, bahwa kekurangan vitamin C dalam pola makan bisa mengarah pada pembentukan kerutan di usia dini. Vitamin ini juga merupakan anti-oksidan yang mampu mencegah kerusakan kolagen. Dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin C, kulit Anda tidak akan menderita kekeringan, timbulnya kerutan dan garis-garis halus di sekitar mata atau bibir. Makanlah semua buah jeruk, stroberi, brokoli, dan paprika merah untuk menciptakan kulit tampilan yang lebih muda.

b. Vitamin A

Siapa yang tidak menginginkan kulit halus? Kita semua pasti ingin memilikinya, tetapi untuk itu kita tidak perlu menghabiskan jutaan rupiah ketika semua solusinya ada di lemari es kita. Sayuran berdaun merah, oranye dan hijau adalah sumber yang kaya akan beta-karoten (bentuk dari Vitamin A). Hal ini diperlukan untuk pembentukan sel dan karena itu permukaan kulit Anda akan tetap halus dan terjamah. Karotenoid juga melindungi kulit dari sinar matahari. Lobak, ubi jalar, wortel, bayam, labu semua ini adalah sumber makanan yang kaya akan vitamin A.

c. Lemak Baik

Kacang-kacangan itu berlemak dan tidak baik untuk kesehatan; ini adalah sebuah kesalahpahaman. Tentu saja kacang adalah lemak, tetapi kandungannya dipenuhi dengan asam lemak omega-3 yang sehat. Kacang termasuk dalam kategori lemak sehat yang sangat penting bagi kita. Konsumsilah segenggam almond dan kenari setiap hari, untuk kulit yang terlihat kenyal dan cerah. Selain itu biji rami juga merupakan pilihan bagus untuk mengonsumsi lemak omega-3. Jika Anda seorang non-vegetarian, santaplah salmon minimal dua kali seminggu. Ikan ini kaya lemak omega-3.

Minyak yang Anda gunakan untuk memasak juga harus diperhatikan. Beralihlah ke minyak zaitun yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Khasiatnya akan membawa cahaya bersinar ke kulit Anda.

d. Tomat

Tomat tidak perlu lagi disebutkan secara khusus ketika membahas tentang kulit wajah yang sehat. Buah ini mengandung bahan ajaib yang disebut lypocene yang merupakan anti-oksidan untuk membantu melawan usia lanjut. Kandungannya dapat menjauhkan Anda dari semua tanda-tanda penuaan seperti keriput, bintik-bintik gelap dan kulit kering atau kendur.

e. Seng dan Zat Besi

Telur, daging tanpa lemak, tiram, dan sereal mengandung seng dan zat besi yang baik untuk tubuh Anda dan membuat kulit nampak bercahaya. Seng membantu dalam produksi sel dan pelepasan alami sel-sel kulit mati sehingga memberikan wajah Anda tampilan yang segar. Sementara itu zat besi diperlukan untuk membawa oksigen melalui tubuh yang memberikan memberikan rona sehat pada wajah Anda.

f. Serat

Jika Anda adalah orang yang sering berjerawat, waktunya Anda untuk menambahkan makanan kaya akan serat pada pola makan sehari-hari. Salah satu alasan jerawat tumbuh adalah gangguan pencernaan. Dan solusi terbaik yang ditemukan sejauh ini untuk memperbaiki sistem pencernaan adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Cobalah mulai menyantap roti gandum, nasi coklat, apel, pisang dan oatmeal sebagai makanan yang dikenal dapat meminimalisir jerawat.

g. Air Putih

Minum air putih yang cukup sepanjang hari untuk membuat kulit Anda terhidrasi. Jangan biarkan kulit Anda kering dan kehausan. Untuk tampilan yang kenyal, lembut dan bercahaya, air adalah wajib hukumnya. Ikuti pola makan tersebut untuk mendapatkan kulit sehat dan berhentilah mengkonsumsi gorengan serta makanan berlemak lainnya.

Lakukan semua tips di atas, maka kulit Anda akan berterimakasih! Jangan lupa tuliskan komentar di bawah jika Anda memiliki tips lain untuk kulit yang sehat.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait