Cara Mengatasi Sembelit dengan perawatan Sederhana dan Herbal

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Sembelit dengan perawatan Sederhana dan Herbal
Cara Mengatasi Sembelit Dengan Perawatan Sederhana Dan Herbal

Sembelit atau konstipasi terjadi ketika BAB dirasa sulit, keras, dan sakit saat feses dikeluarkan. Sembelit juga bisa ditandai dengan frekuensi BAB yang lebih jarang. Dari yang tadinya bisa BAB setiap hari sekali, jadi 3 hari sekali atau sampai seminggu sekali. Apabila sudah begini, bagaimana cara mengatasi sembelit di rumah yang aman dan alami?

Cara sederhana mengatasi sembelit di rumah

Ada beberapa hal yang jadi penyebab sembelit. Misalnya dehidrasi, kurang nutrisi, komplikasi penyakit, sampai stres pun bisa menyebabkan sembelit.

Muat Lebih

Sembelit umumnya juga merupakan pertanda pola makan Anda kurang sehat. Entah itu kekurangan air atau kekurangan serat.

Nah terlepas dari apa pun penyebabnya, cara paling aman untuk mengatasi sembelit adalah mengubah gaya hidup yang salah. Bagaimana?

1. Mengonsumsi cairan yang banyak

Sembelit seringkali terjadi karena tubuh Anda kekurangan cairan sehingga dehidrasi. Padahal, cairan diperlukan oleh usus besar untuk mengolah sisa makanan menjadi feses.

Jika tubuh kekurangan air, usus besar akan menyerap air dari sisa makanan yang Anda makan. Inilah yang membuat feses Anda menjadi kering dan keras sampai akan terasa susah saat dikeluarkan.

Maka, cara paling pertama untuk mengatasi gejala sembelit yang bisa Anda lakukan adalah banyak minum air. Anda dianjurkan minum air putih sebanyak 8 gelas per hari.

Namun, asupan cairan tidak hanya bisa didapat dari air minum saja. Anda juga bisa mengonsumsi sayur dan buah atau makanan berkuah untuk mengisi ulang cairan tubuh Anda.

Cara lainnya, coba minum air soda tawar atau air tawar berkarbonasi (soda water). Menurut beberapa penelitian, air soda tawat dipercaya dapat menghidrasi tubuh sekaligus meredakan gejala sembelit. Akan tetapi, ingat: pilih air soda tawar yang tanpa gula ya! Alias bukan soft drink. Soft drink malah bisa membuat sembelit jadi makin parah.

2. Makan serat lebih banyak

Kurang makan makanan berserat bisa membuat buang air besar terasa sakit dan keras. Serat bermanfaat mempermudah usus berkontraksi untuk memindahkan feses ke rektum. Serat juga membantu melunakkan tekstur feses sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Saat sembelit menyerang, Anda boleh mencoba makan makanan berserat. Namun, pilihlah jenis serat yang larut. Serat larut dapat menyerap air dan membentuk gel dalam usus untuk melunakkan feses Anda. Serat larut air bisa ditemukan dalam gandum, kacang-kacangan, apel, jeruk, jelai (barley), alpukat, ubi, brokoli, dan pir.

Jangan konsumsi makanan mengandung jenis serat yang tidak larut karena justru dapat memperparah gejala sembelit kronis. Contoh makanan mengandung serat tidak larut adalah kembang kol, kacang buncis, kacang polong, dan kentang. Serat tidak larut hanya efektif sebagai cara mencegahnya, bukan mengatasi sembelit.

3. Beraktivitas fisik

Lebih aktif bergerak dengan berolahraga adalah cara mengatasi sembelit yang sekaligus menyehatkan tubuh. Olahraga dapat membantu tubuh menyerap makanan lebih baik dan membuat usus tetap aktif bergerak.

Semakin aktif usus bergerak, pergerakan makanan di dalam usus besar juga akan cepat. Jika makanan cepat lewat di usus besar, akan lebih sedikit air yang diserap tubuh dari feses. Singkatnya, tekstur feses akan lebih padat dan lunak sehingga lebih lancar dikeluarkan.

Ada juga penelitian yang menunjukkan rutin beraktivitas fisik dapat mengurangi risiko sembelit, meski tidak meningkatkan frekuensi buang air.

Tidak perlu memilih aktivitas olahraga yang berat-berat. Anda bisa mulai dengan rutin berjalan kaki sebagai cara mudah mengatasi susah BAB atau sembelit.

4. Kurangi konsumsi olahan susu

Sembelit dapat juga disebabkan oleh kondisi intoleransi laktosa, terutama pada orang yang sensitif terhadap protein susu. Protein susu dapat membuat usus mereka jadi bergerak lebih lambat sehingga feses jadi lebih susah dan lama dikeluarkan.

Jika Anda punya intoleransi laktosa, coba berhenti konsumsi produk olahan susu untuk sementara sampai benar-benar yakin ini penyebabnya.

Anda bisa mengganti susu sapi dengan produk susu dari kacang-kacangan, seperti susu kacang kedelai atau susu kacang almond.

5. Diet rendah FODMAP

Sembelit bisa menjadi gejala irritable bowel syndrome (IBS) alias sindrom iritasi usus besar. Nah cara mengatasi sembelit karena IBS adalah dengan mengikuti diet rendah FODMAP.

Nama diet ini merupakan singkatan dari karbohidrat yang harus dihindari, yaitu Fermentable Oligo, Disakarida, Monosakarida, serta Poliol karena keempatnya adalah penyebab sembelit.

Berikut adalah daftar makanan yang termasuk dalam kategori diet FODMAP dan harus dihindari orang-orang IBS:

  • Protein seperti daging sapi, ayam, telur, ikan, domba, babi, udang dan tahu
  • Biji-bijian utuh seperti beras merah, jagung, dan quinoa
  • Buah seperti blueberry, kiwi, jeruk, pepaya, nanas, dan stroberi
  • Sayuran seperti tauge, paprika, wortel, terong, kangkung, tomat, dan bayam
  • Kacang-kacangan seperti almond, kacang pecan, dan kacang walnut
  • Minyak kelapa dan minyak zaitun untuk memasak
  • Minuman seperti teh hitam, kopi, teh hijau, teh peppermint, air, dan teh putih
  • Bumbu dapur seperti cabai, lada, garam, dan cuka.

Pada orang pengidap IBS, makanan yang tergolong ke dalam FODMAP sering memicu sakit perut, perut bergas, perut begah, sembelit. Jadi, sebaiknya Anda hindari makanan-makanan tersebut bila memiliki IBS.

6. Mengonsumsi mie shirataki

Mie shirataki atau mie konjak adalah “mie” yang terbuat dari serat glukomanan dan prebiotik.

Glukomanan adalah jenis serat larut yang terbukti efektif mengobati sembelit. Sebuah penelitian dari Iowa, Amerika Serikat, melaporkan anak yang makan makanan mengandung glukomanan lebih cepat sembuh dari sembelit.

Glukomanan berfungsi mempercepat pergerakan usus, sementara prebiotik menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus Anda.

Selain dari mie shirataki, serat glukomanan bisa didapatkan dari suplemen atau dari mie shirataki.

7. Makan makanan prebiotik

Serat dari makanan prebiotik seperti bawang bombay dan pisang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan serta keseimbangan bakteri baik di usus Anda untuk meringankan masalah sembelit.

Di samping itu, jenis serat galacto-oligosaccharides yang ada dalam makanan prebiotik telah terbukti membantu meningkatkan frekuensi buang air besar, dan membuat feses menjadi lebih lembut.

Prebotik juga meningkatkan kekebalan tubuh Anda terhadap serangan zat asing, menurut penelitian dari Finlandia terbitan Scandinavian Journal of Food and Nutrition.

8. Makan makanan probiotik

Selain makan makanan prebiotik, Anda juga harus barengi dengan makanan probiotik.

Probiotik dapat meningkatkan jumlah bakteri baik pada usus Anda. Ini berhubungan dengan kondisi sembelit yang sering disebabkan oleh ketidakseimbangan jumlah bakteri dalam usus.

Merangkum isi penelitian dari King’s College London yang diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition, 14 studi berbeda telah membuktikan manfaat probiotik sebagai cara efektif mengatasi sembelit.

Kesimpulannya, rata-rata bakteri probiotik dapat mempercepat waktu yang dibutuhkan makanan untuk berjalan sejak mulai masuk ke mulut, saluran pencernaan, dan sampai keluar menjadi feses. Waktu pemrosesan makanan yang terpangkas dari efek probiotik bisa sampai 12,4 jam lebih cepat.

Probiotik juga dapat melunakkan feses dan meningkatkan frekuensi BAB mingguan. Makanan probiotik yang baik untuk mengatasi susah BAB adalah yang mengandung bakteri Bifidobacterium, seperti di tempe atau yogurt.

Cara mengatasi sembelit pakai herbal alami

1. Teh mint dan jahe

Minum seduhan air daun mint dan irisan jahe bisa Anda jadikan cara alami untuk mengatasi sembelit atau susah BAB. Anda pun dapat mengonsumsinya secara terpisah, misalnya teh jahe saja atau teh mint saja, sebagai alternatifnya.

Daun mint mengandung mentol yang bekerja melemaskan otot-otot saluran pencernaan. Sedangkan jahe membuat tubuh menghasilkan lebih banyak panas dari dalam.

Beberapa ahli herbal mengatakan bahwa efek hangat dari jahe dapat mempercepat gerakan usus untuk mengirimkan makanan ke rektum. Efek ini pun ikut terbantu dengan suhu panas dari airnya itu sendiri untuk merangsang pencernaan bekerja lebih aktif.

2. Air lemon

Kandungan air pada jus lemon dapat merangsang pergerakan di saluran pencernaan. Air dalam jus lemon juga bisa membantu melembutkan feses Anda. Selain itu, lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Cara mengatasi sembelit pakai lemon adalah dengan mengambil sari buah tersebut. Anda bisa peras jus lemon segar ke dalam segelas air dan minum setiap pagi, atau tambahkan perasan lemon ke dalam teh tawar.

Minum air lemon bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda dalam jangka panjang.

3. Kismis

Tidak hanya sebagai isian roti atau kue saja, kismis juga bisa membantu Anda mengatasi sembelit.

Kismis mengandung asam tartarat yang memiliki efek pencahar. Kismis juga kaya akan kalori, serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk tubuh.

Serat dalam kismis dapat membantu melancarkan pencernaan dengan melunakkan feses Anda.

Namun, jangan makan kismis terlalu banyak karena buah kering ini tinggi gula. Tambahkanlah beberapa butir kismis dalam semangkuk yogurt untuk meraup manfaat probiotik yang menenangkan usus.

4. Kopi

Bagi sebagian orang, minum kopi dapat memicu mulas karena mengaktifkan pergerakan otot usus. Mulas tersebutlah yang dapat menjadi sinyal bagi Anda untuk bisa BAB.

Kopi juga mengandung sedikit serat yang dapat membantu keseimbangan bakteri usus.

6. Teh hitam dan teh hijau

Teh hitam dan teh hijau secara alami mengandung kafein. Mengonsumsi makanan atau minuman berkafein dapat menjadi cara mengatasi susah BAB dengan mempercepat pergerakan usus.

Orang yang sering minum teh di pagi hari akan lebih cepat merasakan dorongan untuk segera buang air besar. Namun, hati-hati. Kafein menimbulkan efek samping negatif meningkatkan detak jantung dan insomnia pada sebagian orang.

7. Suplemen psyllium

Psyllium adalah pencahar herbal yang mengandung serat alami. Psyllium dapat membantu Anda buang air besar lebih sering.

Psyllium sering digunakan untuk mengobati sembelit kronis dan dapat dikombinasikan dengan obat pencahar lainnya, baik yang alami maupun sintetis.

Untuk menggunakan psyllium, larutkan bubuk psyllium ke dalam segelas 250 ml cairan (bisa air atau jus buah tanpa gula). Minumlah langsung setelah dicampur. Sedangkan kapsul psyllium harus ditelan utuh dengan segelas air.

Saat menggunakan herbal ini, jangan lupa untuk tetap makan makanan yang sehat, banyak minum air putih, dan berolahraga ringan secara teratur untuk membantu mengatasi sembelit. Mungkin Anda perlu menunggu beberapa hari untuk merasakan manfaat suplemen psyllium yang maksimal.

8. Daun senna

Anda juga bisa mengonsumsi daun senna sebagai pencahar alami. Senna adalah ramuan yang berasal dari beberapa spesies berbunga berbeda dari tanaman Cassia. Senna dapat diseduh atau dihaluskan dan dimasukkan ke dalam obat kapsul.

Penggunaan herbal sena sebagai cara mengatasi sembelit sangat tidak dianjurkan pada wanita hamil dan orang yang mengalami IBS.

Minum obat pencahar medis hanya sebagai upaya terakhir

Apabila cara mengatasi sembelit di atas tidak ampuh juga, Anda bisa menggunakan obat pencahar yang dijual di apotek.

Obat pencahar ada berbagai jenis dengan fungsi yang berbeda.

Namun, penggunaannya hanya boleh dalam jangka waktu pendek. Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki riwayat penyakit yang berkaitan dengan usus dan ingin mengonsumsi obat pencahar. Penggunaan obat pencahar yang tidak sesuai malah dapat menurunkan kerja usus.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait