BJ Habibie Ulang Tahun ke-83, Tips Jaga Kesehatan Otak Ini Bisa Ditiru

  • Whatsapp
BJ Habibie Ulang Tahun ke-83, Tips Jaga Kesehatan Otak Ini Bisa Ditiru
Bj Habibie Ulang Tahun Ke 83, Tips Jaga Kesehatan Otak Ini Bisa Ditiru

BJ Habibie ulang tahun ke-83. (Twitter @bj_habibie)

Mantapps.com – BJ Habibie Ulang Tahun ke-83, Tips Jaga Kesehatan Otak Ini Bisa Ditiru

Muat Lebih

Loading...

Hari ini mantan presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie, merayakan ulang tahun yang ke-83 tahun. Meski sudah berusia lanjut, BJ Habibie mengaku masih memiliki semangat muda.

“Saya bilang, usia saya 83, tapi jiwanya 38,” ungkap dalam acara peluncuran ‘The Habibie Institue for Public Policy and Governance (HIPPG)’ di Balai Sidang UI, Depok, Selasa (25/6/2019).

Kesehatan fisik BJ Habibie memang sempat menurun beberapa bulan terakhir. Ia bahkan mengaku baru saja selesai mendapat perawatan di rumah sakit.

Meski begitu, kesehatan otaknya tetap terjaga dengan. Dalam momen Hari Anak Nasional tahun lalu, BJ Habibie mengatakan rahasia menjaga kesehatan otak adalah melalui pola makan sehat.

“Yang pertama itu harus sehat. Sehat itu cukup gizinya, makanannya ada karbohidrat, protein, ada banyak sayur dan yang paling penting banyak minum air. Manusia yang banyak minum air, sampai seperti eyang ini, 82 tahun, otaknya terus bekerja. Karena badan kita ini sebagian besar terdiri dari air, yang juga dibutuhkan otak,” katanya.

Dikatakan Habibie, seluruh kelompok masyarakat punya peran dalam meningkatkan status gizi dan kesehatan, yang nantinya juga berpengaruh ke otak.

Diketahui BJ Habibie ketika masih sehat, sering melakukan olahraga renang untuk menjaga kebugaran. Olahraga merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, agar otak menerima suplai oksigen yang cukup.

Terkait kemampuan berpikir, BJ Habibie juga menekankan pentingnya pengetahuan soal agama, sosial, dan budaya. BJ Habibie juga mengingatkan betapa pentingnya pendidikan dan pembudayaan untuk kualitas hidup seorang yang lebih baik.

“Tapi yang tidak kalah dari pendidikan adalah pembudayaan. Pembudayaan itu pengaruh dari agamanya dan budayanya. Bagaimana dia menghadapi masyarakat, mendapatkan informasi terbaru tentang dunia. Itu semua harus ada dalam anak-anak mulai sedini mungkin,” kata BJ Habibie.



Artikel Asli


Lihat Lainnya

Mantapps.com

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait