Awas Penyakit Infeksi yang Ditimbulkan Lalat, Usir dengan Tips Jitu Ini

  • Whatsapp
Awas Penyakit Infeksi yang Ditimbulkan Lalat, Usir dengan Tips Jitu Ini
Awas Penyakit Infeksi Yang Ditimbulkan Lalat, Usir Dengan Tips Jitu Ini

Muat Lebih

Mantapps.com – Awas Penyakit Infeksi yang Ditimbulkan Lalat, Usir dengan Tips Jitu Ini.

Mulai dari kebersihan lingkungan hingga makanan tertentu sering kali mengundang lalat ke dalam rumah.

Sebagian orang mungkin menganggapnya sepele karena tidak berbahaya, namun lalat membawa segudang bakteri yang dapat membuat perut sakit dan berdampak pada kesehatan Anda.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa terdapat banyak penyakit yang bisa ditimbulkan oleh binatang ini, antara lain; Infeksi mata, Infeksi kulit, Disentri, Diare, Kolera, dan Tipes. 

Nah, tidak ingin kan Anda dan orang-orang tersayang di rumah mengalami penyakit tersebut? Maka itu simak beberapa cara mengusir lalat yang bisa Anda praktekan dilansir dari Hello Sehat.

1. Gunakan kemangi atau daun herbal lainnya

Pada dasarnya, lalat tidak menyukai tumbuhan dengan bau yang cukup tajam, salah satunya adalah daun kemangi. Nah, daun kemangi ini ternyata dipercaya dapat mengusir lalat dari rumah Anda. Selain itu, tanaman ini juga menciptakan lingkungan di dalam rumah yang lebih sehat karena kandungan antibakteri dan antivirus yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu, cobalah untuk pergi ke toko tanaman herbal dan letakkan daun kemangi di area yang sering didatangi dapur.

Tidak hanya daun kemangi saja, lavender, daun mint, daun salam, dan tanaman apsintus pun bisa mengurangi hingga menghilangkan populasi lalat di rumah Anda.

2. Minyak dari daun serai

Untuk mengusir lalat dengan minyak daun serai sangat mudah. Caranya dengan memanaskan setengah gelas air dan masukkan 20-25 tetes minyak daun serai.

Kemudian tuangkan semuanya ke dalam botol semprotan dan semprotkan pada pintu, jendela, dan area yang sering didatangi lalat, atau beberaja jenis minyak di bawah ini juga cukup ampuh.

a. Minyak peppermint

Aroma mint yang muncul dari minyak ini ternyata berhasil mengurangi populasi lalat di rumah Anda juga, lho. Sebuah studi kasus menunjukkan bahwa penggunaan minyak peppermint sangat efektif menjadi pengusir lalat dari rumah Anda. Para peneliti melihat bahwa mengaplikasikan minyak ini ke bagian yang terbuka dapat membunuh telur dan lalat selama 24 jam.

Nah, cara membuatnya mudah, kok. Anda hanya perlu mengoleskan minyak peppermint pada bola kapas dan letakkan di area yang sering dikunjungi oleh lalat. Misalnya, bagian belakang lemari atau bak cuci. Lalat pergi, rumah pun menjadi wangi.

b. Minyak lavender

Tadi sudah dibahas bahwa tanaman lavender yang belum diolah menjadi minyak pun berkhasiat untuk mengusir lalat dari rumah. Nah, selain ampuh untuk lalat, Anda juga bisa menggunakannya sebagai pengusir nyamuk, kutu, hingga serangga lainnya.

Tidak sulit membuat minyak ini. Cukup mencampurkan minyak lavender dengan beberapa tetes minyak bunga matahari ke dalam botol. Lalu, Anda bisa menyemprotkannya di area yang terkena infeksi atau tidak ingin digigit oleh serangga sejenis lalat.

3. Kantong plastik berisi air

Teriknya sinar matahari pada musim kemarau ternyata juga mempengaruhi meningkatnya populasi lalat, lho. Maka itu jangan heran apabila Anda sering melihat lalat berterbangan di saat cuaca panas. Biasanya, terdapat cara ampuh dan cukup mudah untuk mengusir lalat dari rumah Anda. Jawabannya adalah: menggantungkan kantong plastik berisi air! Kok bisa ya?

Nah, seekor lalat umumnya mempunyai jumlah lensa yang cukup banyak pada matanya. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendeteksi gerakan cahaya. Dengan menggantungkan kantong berisi air akan memantulkan cahaya di seluruh tempat, sehingga mereka pun menjadi bingung.

4. Kamper

Kamper atau kapur barus biasanya digunakan untuk menghilangkan bau di ruangan, terutama di toilet. Nah, tanaman yang berasal dari pohon camphor laurel juga ampuh untuk mengusir lalat dari rumah. Bau yang khas dan tajam sangat tidak disukai oleh binatang pembawa penyakit tersebut.

Anda tidak perlu menyediakan waktu khusus membuatnya, cukup membelinya di toko terdekat dalam bentuk balok atau tablet. Kemudian, letakkan di permukaan yang cukup panas, seperti hot plate. Taruh kamper tersebut di dekat jendela yang terbuka agar lalat tidak berani mendatangi rumah Anda.

5. Kulit jeruk

Setelah makan jeruk, usahakan untuk menyimpan kulitnya ketika Anda ingin melenyapkan lalat dari rumah Anda. Bau jeruk yang segar ternyata dibenci oleh binatang bersayap ini, sehingga ekstrak citrus sangat sering digunakan untuk aroma semprotan pembasmi serangga.

Anda bisa meletakkan kulit buah jeruk yang segar pada area yang terbuka, seperti depan pintu dan jendela. Jika sudah terlihat akan busuk, gantilah kulitnya dengan yang lebih baru. Jangan lupa untuk menggosokkannya terlebih dahulu agar wanginya lebih menyengat dan tahan lama.

Jadi hal di atas bisa Anda praktekkan untuk usir lalat. Rumah terbebas dari lalat dan terbebas dari risiko terkena bakteri yang bisa menimbulkan penyakit infeksi dan lain-lain dari lalat. 



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait