9 Tips Mudah Bikin Bawang Goreng Super Renyah di Rumah

  • Whatsapp
9 Tips Mudah Bikin Bawang Goreng Super Renyah di Rumah
9 Tips Mudah Bikin Bawang Goreng Super Renyah Di Rumah

Buat sebagian besar masyarakat Indonesia, bawang merah goreng jadi salah satu pelengkap yang wajib ditambahkan ke dalam masakan. Biasanya bawang goreng tersebut akan ditaburkan di atas nasi goreng, soto, sop, lontong opor dan masakan Indonesia lainnya sesaat sebelum dihidangkan. Aromanya yang khas, dan rasanya yang gurih bikin makanan jadi makin sedap saat disantap.

Muat Lebih

Nah kalau kamu termasuk penggemar fanatik bawang merah goreng, sekarang kamu bisa kok bikin sendiri di rumah. Asal tahu tekniknya, dijamin hasilnya gak kalah dengan yang dijual di pasar atau toko. Selain lebih hemat, tentu bawang merah goreng buatan sendiri dijamin sehat, karena kamu tahu betul proses pembuatannya. Tak berlama-lama lagi, berikut kita kasih bocoran langkah-langkah bikin bawang merah goreng yang gurih sekaligus renyah. Simak baik-baik, ya.

1. Kualitas bahan baku itu sangat penting. Pilih bawang merah yang berukuran besar dan masih segar

unsplash/Thomas Martinsen

Tentu saja yang pertama harus dipersiapkan adalah bahan baku. Sebaiknya kamu memakai bawang merah dengan ukuran yang lumayan besar dan masih segar. Bila menggunakan bawang merah yang kecil, nantinya saat digoreng bawang akan menciut dan kurang bagus hasilnya. Selain itu, memakai bawang segar juga penting diperhatikan. Karena bila bawang yang kamu pakai sudah setengah busuk tentu rasanya jadi tidak enak dan aroma khas bawangnya juga jadi hilang.

2. Iris bawang dengan ukuran ketebalan yang pas

9 Tips Mudah Bikin Bawang Goreng Super Renyah di Rumahinstagram.com/bawanggorengpaten

Sebaiknya potong bawang merah dengan menggunakan alat pemotong bawang. Jadi tingkat ketebalan bisa disesuaikan dan seragam. Tapi jika di rumah kamu tidak memiliki alat tersebut, tetap bisa menggunakan pisau. Namun ingat, usahakan untuk memotong bawang merah cukup tipis dan jangan ketebalan. Karena bila terlalu tebal, alhasil bawang tidak bisa kering sempurna saat digoreng dan gak bakal renyah.

3. Rendam potongan bawang merah dengan air garam

9 Tips Mudah Bikin Bawang Goreng Super Renyah di Rumahinstagram.com/dapoerbuageung Follow

Selesai dipotong tipis-tipis, siapkan baskom dan isi dengan 1 hingga 2 gelas air matang dan beri garam secukupnya. Semisal untuk 1 kilo gram bawang merah, kamu memerlukan 1 sampai 2 gelas belimbing air yang dicampur dengan 1 sendok makan garam dapur. Rendam irisan bawang merah tadi selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu tiriskan airnya hingga habis.

4. Taburi bawang dengan tepung maizena

9 Tips Mudah Bikin Bawang Goreng Super Renyah di Rumahunsplash.com/Herbert Goetsch

Taruh potongan bawang merah di atas nampan atau wadah datar. Pisahkan satu dengan yang lainnya, lalu taburi dengan tepung maizena yang sudah diayak terlebih dahulu. Lebih baik gunakan saringan untuk membantumu menaburkan tepung supaya lebih merata. Sisihkan dan tunggu beberapa menit.

Baca Juga: 5 Cara Mudah & Singkat Kupas Kulit Bawang Putih Tanpa Pisau

5. Keringkan bawang merah menggunakan tisu makan

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

9 Tips Mudah Bikin Bawang Goreng Super Renyah di Rumahinstagram.com/noraahuang

Setelah itu, lap bawang merah menggunakan tisu makan agar sisa air dan tepung berkurang. Bila perlu kamu bisa menepis-nepiskan potongan bawang tersebut menggunakan saringan agar tepung yang tidak menempel bisa terlepas.

6. Gunakan minyak yang cukup banyak saat menggoreng

9 Tips Mudah Bikin Bawang Goreng Super Renyah di Rumahinstagram.com/bawanggorengrajawali

Jangan pelit minyak ya, untuk menggoreng bawang merah goreng ini. Karena bawang merah goreng perlu terendam minyak saat dimasak. Lebih baik pakai minyak yang masih baru. Hindari menggunakan minyak sisa agar warna bawang goreng lebih cantik dan rasanya tidak terkontaminasi.

7. Cukup gunakan api kecil saat menggoreng

9 Tips Mudah Bikin Bawang Goreng Super Renyah di Rumahunsplash.com/Ehud Neuhaus

Tahap yang paling sulit adalah menggoreng. Pertama pastikan minyak tidak terlalu panas saat bawang merah dimasukkan. Sebaiknya kamu memakai api kecil saja, memang mesti sabar tapi hasilnya akan memuaskan, kok. Bawang merah gorengmu gak akan gosong karena minyak yang kepanasan.

8. Jangan terlalu lama menggoreng bawang merah

9 Tips Mudah Bikin Bawang Goreng Super Renyah di Rumahinstagram.com/bawanggorengpaten

Sama halnya dengan saat menggoreng kacang tanah, bawang merah juga tak perlu waktu lama untuk matang. Jadi, cukup masukkan bawang merah ke dalam minyak yang tak terlalu panas dan saat bawang sudah mulai naik ke permukaan, segera angkat. Memang sesaat setelah diangkat bawang masih terlihat layu, tapi setelah dingin nanti juga akan keras dan renyah dengan sendirinya, kok.

9. Tiriskan segera dan pastikan minyaknya hilang

9 Tips Mudah Bikin Bawang Goreng Super Renyah di Rumahkitchengatherings.com

The last but not least adalah pastikan saat meniriskan bawang merah gorengnya, minyak benar-benar hilang dan gak menempel lagi. Orang zaman dahulu biasanya memakai koran bekas untuk membantu menyerap minyaknya, tapi kamu bisa menggunakan tisu makan sebagai gantinya, agar lebih higienis.

Taruh beberapa lembar tisu makan, lalu taruh bawang goreng di atasnya. Tunggu hingga tisu menyerap semua minyaknya. Setelah minyak hilang dan tidak panas lagi, segera masukkan bawang merah goreng tersebut ke dalam wadah kedap udara.

Gimana, tertarik mempraktikkan langkah-langkah membuat bawang merah goreng barusan? Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Khasiat Bawang Merah, Gak Sebatas Bumbu Dapur Aja!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait