EdukasiKesehatanSerba-Serbi

9 Manfaat Biji Semangka Bagi Kesehatan

Bagikan ke teman
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mantapps.com – Lain kali saat Anda makan semangka, jangan buang bijinya. Kenapa? Biji semangka ternyata memiliki berbagai vitamin dan mineral. Mengonsumsi biji semangka dianggap aman dan baik untuk kesehatan.

Semangka terdiri dari lemak sehat yang merupakan asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6. Bijinya bagus untuk kesehatan dan minyak yang diekstrak dari bijinya juga bermanfaat bagi kulit dan rambut Anda.

Nilai gizi dari 100 gram (g) biji semangka kering mengandung 5,05 g air dan 557 kkal (energi). Kandungan tersebut memuat 28,33 g protein, 47,37 g total lemak, 15,31 g karbohidrat, 54 miligram (mg) kalsium, 7,28 mg besi, dan 515 mg magnesium.

Juga mengandung 755 mg fosfor, 648 mg kalium, 99 mg natrium, 10,24 mg seng, 0,190 mg tiamin, 0,145 mg riboflavin, 3,550 mg niasin, 0,089 mg vitamin, serta B6 58 mcg folat.

Berikut 9 manfaat kesehatan dari biji semangka, dilansir dari Boldsky, baru-baru ini.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Biji semangka mengandung magnesium, mineral penting yang berkontribusi bagi kesehatan jantung dan mengatur tekanan darah. Bijinya mengandung zat yang disebut citrulline, yang membantu mengurangi tekanan darah aorta. Mengonsumsi biji akan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Perkuat Kekebalan Tubuh

Biji semangka dikemas penuh dengan antioksidan yang melindungi tubuh Anda dari radikal bebas berbahaya yang menyebabkan kerusakan sel, kanker, dan penyakit lainnya. Selain itu, magnesium dalam biji berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurut sebuah penelitian.

Meningkatkan Kesuburan Pria

Biji semangka mengandung banyak seng, mineral penting yang bermanfaat bagi sistem reproduksi pria.

Sebuah penelitian dilakukan pada minyak biji semangka terhadap beberapa hormon seks seperti progesteron, prolaktin, testosteron, estradiol, hormon luteinizing (LH) dan follicle stimulating hormone (FSH). Hasilnya menunjukkan bahwa ada peningkatan 5% dan 10% dalam prolaktin, hormon luteinisasi, estradiol, dan testosterone.

Obati Diabetes

Efek antidiabetes ekstrak biji semangka dipelajari pada tikus diabetes. Hasil penelitian menemukan bahwa ekstrak metanol biji semangka mempromosikan homeostasis glukosa dan membantu mempertahankan berat badan dengan meningkatkan kadar glukosa puasa, toleransi glukosa oral, berat badan, asupan makanan dan cairan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Rajiv Gandhi University of Health Sciences di Bengaluru, Karnataka, ekstrak biji semangka memiliki efek antiobesitas. Biji semangka dalam dosis sedang dan tinggi diberikan pada tikus gemuk dan hasilnya adalah penurunan berat badan, asupan makanan, glukosa serum, kolesterol, dan kadar trigliserida.

Mencegah Arthritis atau Peradangan Sendi

Biji semangka memiliki efek positif dalam mencegah radang sendi karena mengandung magnesium, mangan, dan kalsium. Ekstrak biji semangka dalam dosis sedang dan tinggi menunjukkan aktivitas antiartritik yang signifikan yang membantu mengurangi radang sendi pada tikus.

Memiliki Efek Antiulcerogenik

Senyawa triterpenoid dan fenolik dalam ekstrak metanol biji semangka telah diketahui memiliki sifat antiulcerogenik. Sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi biji semangka menunjukkan penurunan yang signifikan pada radang perut dan juga menurunkan keasaman.

Meningkatkan Kesehatan Kewanitaan

Biji semangka mengandung 58 mcg folat, juga dikenal sebagai asam folat atau vitamin B9. Folat adalah vitamin penting yang bertanggung jawab untuk fungsi otak yang tepat dan membantu mengontrol kadar homocysteine.

Wanita usia subur membutuhkan lebih banyak asam folat karena kekurangan vitamin ini terkait dengan cacat lahir tabung saraf.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Biji semangka merupakan sumber asam lemak tak jenuh dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit dan memperlambat penuaan kulit. Ini dapat membantu mengobati masalah kulit seperti ruam dan edema.

Selain itu, minyak biji semangka dapat membantu menghilangkan ketombe dan protein yang ada di dalamnya dapat memperkuat rambut Anda.

Sumber
Bisnis.com
Tags
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close