8 Cara Sehat Menikmati Beragam Makanan Khas Lebaran

  • Whatsapp
alexametrics
8 Cara Sehat Menikmati Beragam Makanan Khas Lebaran

loading…

JAKARTA – Setelah 30 hari berpuasa, seluruh umat muslim di dunia merayakan Idul Fitri. Berkumpul bersama kjeluarga dan menyantap beragam hidangan lezat menjadi tradisi, mulai ketupat, opor ayam, rendang hingga nastar dan kastangel.Namun, ahli nutrisi terkemuka memberikan tips merayakan Lebaran secara sehat agar tetap bisa mencicipi beragam makanan yang tersedia. Berikut ulasannya seperti dilansir CNN.

Muat Lebih

1. Lakukan perlahan
Ahli nutrisi klinis di University of Maryland Medical Center, Courtney Ferreira menyarankan untuk memulai hari secara perlahan yaitu dengan sarapan kecil seperti menyantap kurma atau puding.

2. Makan sedikit dan sering
Hindari memanjakan diri sekaligus. Ferreira menyarankan untuk makan dalam porsi kecil dan sering pada satu waktu daripada mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak sekaligus.

3. Porsi kecil
Gastrointenstinal dapat dihindari dengan cara makan dalam porisi kecil. “Anda dapat mengalami gastrointenstinal saat makan sebanyak itu, terutama ketika Anda tidak terbiasa. Makanlah bervariasi tetapi pertahankan dalam jumlah kecil. Ini akan mencegah Anda dari rasa kenyang yang tidak nyaman,” kata Ferreira.

4. Tidak konsumsi gula berlebihan
“Jika Anda mengkonsumsi gula dalam jumlah banyak bisa membuat Anda merasa sakit seperti gula darah tinggi dan itu bukan pilihan baik,” ujarnya.

5. Komsumsi makanan beragam
Para ahli menyarankan untuk memastikan mendapatkan cukup protein, karbohidrat, buah segar dan sayuran setiap hari agar tubuh tetap sehat.

6. Konsunsi sayuran
“Buah dan sayuran akan memberikan mineral yang terlewat. Orang tidak perlu mengkonsumsi vitamin jika mereka makan makanan sehat saat pesta,” jelasnya.

7. Cukup minum air putih
“Selain menikmati hidangan lezat, ingatlah untuk tetap minum sepanjang hari agar tetap terhidrasi,” sarannya.

8. Kembali ke kebiasaan makan normal
Setelah sebulan berpuasa, tubuh perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan diet normal. Ferreira mengungkapkan yang terbaik adalah kembali ke kebiasaan makan normal sehari setelah Lebaran sehingga nutrisi dapat diisi ulang secara teratur selama minggu-minggu betikutnya.

“Kebanyakan orang kembali ke keadaan normal dalam dua hingga empat minggu. Itu tergantung pada usia, kondisi medis dan seberapa cepat tubuh Anda bangkit kembali,” tandasnya.

(tdy)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait