7 Tips Agar Rambut Tetap Sehat Di Balik Hijab

  • Whatsapp
7 Tips Agar Rambut Tetap Sehat Di Balik Hijab
7 Tips Agar Rambut Tetap Sehat Di Balik Hijab

Selain menjaga kebersihan hati dan menjadi salah satu bentuk ibadah bagi perempuan Muslim, mengenakan kerudung tanpa disadari juga bermanfaat bagi kesehatan rambut. Jilbab dapat melindungi rambut serta kulit kepala dari paparan polusi dan sinar matahari.

Muat Lebih

Kebutuhan untuk menata rambut dengan alat pemanas sehari-hari atau melakukan proses penataan permanen dengan bahan kimiawi juga berkurang sehingga dengan sendirinya, kesehatan dan kemurnian rambut tetap terjaga.

Agar mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, perawatan rambut dan kulit kepala selama menggunakan kerudung pun tetap harus maksimal. Simak beberapa langkah sederhana yang bisa Anda terapkan.


1. Tepat Memilih Sampo


(Memilih sampo yang tepat bagi pengguna hijab. Foto: Dok/L’Occitane)

Kulit kepala berminyak dan cepat menjadi lembap menjadi kondisi yang kerap dialami oleh pengguna kerudung. Tak jarang hal ini berujung pada timbulnya rasa gatal dan ketombe. Untuk menyiasatinya, pilih sampo dengan formula ringan atau yang mampu menambah volume rambut. Biasanya sampo jenis ini berwarna bening atau memiliki tekstur yang tidak terlalu pekat. Interval keramas tidak bisa disamaratakan untuk tiap orang karena aktivitasnya pun berbeda-beda. Anda bisa mencuci rambut ketika sudah mulai terasa tidak nyaman. 

Rekomendasi: L’Occitane Citrus Verbea Shampoo 250ml Rp360.000

(Baca Juga: Ubah Tampilan Jadi Berhijab, Chaca Frederica Manglingi)

2. Membiasakan Pemakaian Hair Tonic


(Pemakaian Hair Tonic untuk perawatan rambut. Foto: Dok/Watson)

Selain mampu memperkuat akar rambut, hair tonic juga dapat menyeimbangkan kadar minyak pada kulit kepala, mencegah timbulnya ketombe, dan membuatnya segar lebih lama. 

Rekomendasi: Naturals by Watsons Aloe Hair & Scalp Tonic Rp79.900

3. Rutin Menyisir


(Menyisir rambut dan penggunaan conditioner. Foto: Dok/Berbagai Sumber)

Ritual menyisir rambut perlu dimulai segera setelah keramas. Hindari membiarkan rambut mengering tanpa disisir. Pilih sisir bergerigi jarang untuk digunakan pada rambut basah. Pemakaian leave-in conditioner juga akan membuat rambut lebih lembut dan terhindar dari kekusutan. Kembali sisir rambut setelah melepas jilbab.

Rekomendasi: Tangle Teezer Wet Detangler, Sogo Rp289.000 dan Ouai Leave in Conditioner, Sephora Indonesia Rp407.000

(Baca Juga: Hah, Pakai Roll Rambut Saat Tidur Bikin Rambut Rusak?)

4. Gunakan Kerudung Dalam Kondisi Rambut Kering


(Keringkan rambut sebelum menggunakan hijab. Foto: Dok/Dyson)

Hindari membungkus rambut yang belum kering sepenuhnya. Rambut yang masih basah memiliki beban yang lebih berat dan menjadi mudah patah jika diikat atau dibalut dengan kain jilbab. Selain itu, menutup rapat rambut yang masih basah juga dapat menimbulkan aroma kurang sedap nantinya, terutama jika terkena sinar matahari. 

Rekomendasi: Dyson Supersonic Hair Dryer Rp6.500.000

Tip: Jika terpaksa harus mengeringkan menggunakan hair dryer, pilih temperatur dan kekuatan angin yang rendah untuk menjaga kekuatan rambut.

5. Ikat Rambut Secukupnya

Pengguna kerudung yang memiliki rambut panjang tentu perlu untuk mengikat rambutnya agar tetap rapi. Hindari mengikatnya terlalu kencang agar rambut tidak rentan rontok. Pilih ikat rambut berbahan kain atau satin yang lebih lembut untuk rambut. 

6. Memilih Bahan Kerudung Yang Tepat

Pilih bahan jilbab yang mendukung kenyamanan Anda beraktivitas. Jika banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, sebaiknya gunakan kain berbahan serat alami seperti katun yang sejuk dan menyerap keringat. Bahan sintetis biasanya memiliki rongga serat yang lebih rapat sehingga membuat rambut cepat lepek dan terasa panas. 

(Baca Juga: Tips Menggunakan Minyak Rambut untuk Hasil Maksimal)

7. Melakukan Perawatan Mingguan


(Perawatan rambut untuk pemakaian hijab. Foto: Dok/Berbagai Sumber)

Layaknya kulit wajah, kulit kepala dan rambut pun memerlukan perawatan rutin yang dilakukan dua sampai tiga kali seminggu agar kesehatannya terjaga dengan optimal. Anda bisa melakukan eksfoliasi kulit kepala menggunakan hair scrub. Pijat lembut pada kulit kepala selama satu menit lalu bilas sampai bersih. Lanjutkan dengan keramas seperti biasa menggunakan sampo dan kondisioner, kemudian gunakan hair mask dan diamkan selama tiga sampai lima menit sebelum dibilas. 

Rekomendasi: The Body Shop Fuji Green Tea Refreshing Purifying Cleansing Hair Scrub Rp269.000 dan Sensatia Botanicals Argan & Tamarind Revitalizing Hair Mask Rp180.000

Teks: Rahmi Davita

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait