7 Cara Mencegah Penyakit Jantung bagi Penderita Diabetes

  • Whatsapp
7 Cara Mencegah Penyakit Jantung bagi Penderita Diabetes
7 Cara Mencegah Penyakit Jantung Bagi Penderita Diabetes

Penyakit jantung merupakan masalah yang sangat serius, terutama bagi penderita diabetes. Dr. Ganda, seorang spesialis bersertifikat di bidang Obat Penyakit Dalam, Endokrinologi dan Metabolisme, dan Nutrisi Klinis sekaligus Dokter Senior di Bagian Diabetes Dewasa di Joslin dan Profesor Klinik Medis Asosiasi di Harvard Medical School mengatakan bahwa penyakit kardiovaskular yang mengarah pada serangan jantung atau stroke sejauh ini merupakan penyebab utama kematian pada pria dan wanita dengan diabetes.

Dilansir dari Joslin.org, Dr. Ganda mengatakan berita baiknya adalah ada cara untuk mengurangi risiko penyakit jantung, terutama bagi penderita diabetes. Sebelum terlambat, mari kita simak tips dari Dr. Ganda berikut ini!

Muat Lebih

1. Kontrol berat badan

hisarhospital.com

Salah satu hal terpenting yang bisa dilakukan penderita diabetes adalah mempertahankan berat badan yang sehat. Jika kelebihan berat badan, risiko penyakit jantung akan semakin besar.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga berat badan agar tetap normal dan sehat. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari risiko penyakit jantung.

2. Aktivitas fisik yang teratur

7 Cara Mencegah Penyakit Jantung bagi Penderita Diabetescoachhambergeorge.com

Ada banyak penelitian penting yang membuktikan berbagai manfaat kardiovaskular dari aktivitas fisik reguler (yang melampaui penurunan berat badan). Melakukan aktivitas fisik yang teratur akan membuat tubuh tetap sehat.

Jangan malas beraktivitas dan jangan pula terlalu banyak beraktivitas. Kamu bisa membuat daftar untuk mengatur aktivitas fisik yang bisa dilakukan setiap harinya.

3. Mengontrol glukosa

7 Cara Mencegah Penyakit Jantung bagi Penderita Diabetesmedicalnewstoday.com

Pastikan kamu mengontrol glukosa di dalam tubuh. Kontrol yang ketat dapat mencegah banyak komplikasi dari diabetes dan juga melindungi jantung. Kamu bisa mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang bergizi serta mengecek glukosa kamu secara rutin.

4. Turunkan Kolesterol LDL

7 Cara Mencegah Penyakit Jantung bagi Penderita Diabetesempoweredmastery.com

American Diabetes Association dan American Heart Association merekomendasikan  kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dl. Dr. Ganda merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Ia juga merekomendasikan suplemen dengan minyak omega-3. Hal ini bisa membantu menurunkan kolesterol LDL dan meminimalkan risiko terkena penyakit jantung.

5. Kontrol tekanan darah

7 Cara Mencegah Penyakit Jantung bagi Penderita Diabeteshronika.info

Semua orang yang menderita diabetes harus memiliki tekanan darah kurang dari 130/80. Oleh karena itu, sangat penting bagi penderita diabetes untuk selalu mengontrol tekanan darah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Konsumsi aspirin dan multivitamin

7 Cara Mencegah Penyakit Jantung bagi Penderita Diabetesmedicalnewstoday.com

Bagi penderita diabetes yang berusia lebih dari 30 tahun, penyakit jantung bisa dicegah dengan mengonsumsi aspirin dan multivitamin. Mintalah resep dokter sebelum mulai mengonsumsinya setiap hari.

7. Jangan Merokok

7 Cara Mencegah Penyakit Jantung bagi Penderita Diabeteskeywordbasket.com

Dr. Ganda mengatakan bahwa nikotin mempersempit dan membatasi pembuluh darah. Diabetes pun akan melakukan hal yang sama pada pembuluh darah.

Diabetes memang sulit untuk diobati, namun kamu bisa menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh nikotin. Oleh sebab itu, berhentilah merokok jika kamu memiliki penyakit diabetes. Ini bisa membantu mencegah penyakit jantung.

Nah, itulah 7 cara mencegah penyakit jantung bagi penderita diabetes. Ingatlah bahwa penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia, terutama bagi penderita diabetes. Oleh karena itu, sebelum terlambat, mari cegah risiko penyakit jantung dengan menjalankan tips di atas.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait