6 Cara Menghindari Masalah Ginjal seperti Stevie Wonder

  • Whatsapp
Stevie Wonder. REUTERS/Fred Prouser
6 Cara Menghindari Masalah Ginjal Seperti Stevie Wonder

Mantapps.com, Jakarta – Penyanyi kenamaan asal Amerika Serikat, Stevie Wonder, akan segera menjalani transplantasi ginjal.

Melansir dari situs Rolling Stone, saat konser di Hyde Park pada 7 Juli 2019, ia mengatakan kepada para penggemar agar tidak perlu khawatir akan kondisi kesehatannya karena ia sudah mendapatkan donor.

Muat Lebih

Loading...

Situs Health.com mengatakan bahwa transplantasi ginjal umumnya dilakukan lantaran terjadi masalah pada ginjal, seperti gagal ginjal dan ginjal kronis tahap akhir.

Dengan transplantasi tersebut, kemungkinan untuk hidup dan sehat kembali pun sangat besar. Meski demikian, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Salah satu cara menghindari gagal ginjal adalah menjalani gaya hidup sehat. Berikut beberapa tips agar ginjal sehat.

1. Minum banyak air setiap hari

Air membuat Anda tetap terhidrasi dan membantu ginjal untuk membuang semua racun dari tubuh Anda. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume darah dan tingkat kekentalannya. Air juga mengambil peran dalam pencernaan dan mengontrol suhu tubuh. Idealnya setiap orang meminum 8-10 gelas air sehari.

2. Makan yang benar

Hampir semua proses yang terjadi di dalam tubuh Anda dipengaruhi oleh apa yang Anda makan dan bagaimana Anda makan. Jika Anda makan makanan tak sehat, organ-organ Anda harus menghadapi konsekuensinya, termasuk ginjal. Karena itu, hindari makanan yang tidak sehat.

Selain itu, Anda harus menyertakan makanan yang tepat dalam diet Anda. Terutama makanan yang bisa memperkuat ginjal, seperti ikan, asparagus, sereal, bawang putih, dan peterseli. Buah-buahan, seperti semangka, jeruk, dan lemon, juga baik untuk kesehatan ginjal.

3. Mengelola diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung

Dalam berbagai kasus, penyakit ginjal adalah penyakit sekunder yang dihasilkan dari penyakit primer atau kondisi seperti diabetes, penyakit jantung, atau tekanan darah tinggi. Karena itu, mengontrol kadar gula, kolesterol, dan tekanan darah dengan mengikuti pedoman diet, berolahraga, dan pengobatan yang sehat sangat penting untuk menjaga ginjal sejak awal.

4. Jangan menahan keinginan untuk buang air kecil

Filtrasi darah adalah fungsi utama yang dilakukan ginjal. Ketika proses filtrasi dilakukan, sejumlah limbah dan air dialirkan ke kandung kemih untuk kemudian dikeluarkan jika sudah penuh. Buang air kecil dirasakan saat kandung kemih diisi 120-150 mililiter urin.

Jadi, mengabaikan dorongan untuk pergi ke kamar kecil berarti membuat kandung kemih menampung lebih dari kapasitasnya. Hal ini mempengaruhi proses filtrasi ginjal.

5. Lakukan olahraga teratur

Para peneliti percaya bahwa obesitas berhubungan erat dengan masalah ginjal. Kelebihan berat badan dua kali lipat kemungkinan berimbas pada kinerja ginjal. Berolahraga, makan dengan porsi yang sehat, dan mengendalikan berat badan dapat membantu Anda menjaga kinerja ginjal tetap prima. Bonusnya, Anda akan selalu merasa segar dan tak cepat lelah.

6. Hindari alkohol dan merokok

Kelebihan alkohol dapat mengganggu keseimbangan elektrolit tubuh dan kontrol hormonal yang mempengaruhi fungsi ginjal. Merokok tidak terkait langsung dengan masalah ginjal, tapi mengurangi fungsi ginjal secara signifikan. Rokok juga memiliki efek buruk bagi kesehatan jantung yang selanjutnya dapat memperburuk masalah ginjal.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | ROLLINGSTONE | HEALTH | WEBMD | MAYOCLINIC

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait