4 Tips Rawat Kulit Tetap Sehat Walau Sering Pakai Masker

  • Whatsapp

Pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini memang mau nggak mau membawa kebiasaan baru di tengah rutinitas kita. Salah satunya yang wajib kita lakukan saat sedang berpergian adalah menggunakan masker. Yes, masker memang sangat penting untuk mencegah resiko penularan virus COVID-19, tapi penggunaan dalam waktu yang cukup panjang bisa membuat kulit wajah kita mengalami sejumlah masalah, seperti timbul jerawat hingga iritasi. So, gimana cara menjaga kesehatan tubuh dan juga kulit secara bersamaan, ya? Well, selain perlu memilih bahan masker yang aman bagi kulit, kamu juga harus rajin mencuci masker secara benar setiap kali selesai menggunakannya. Not to be missed, kamu juga nggak boleh melewatkan skin care routine-mu, babes! Tinkerlust punya beberapa skin care tips yang bisa kamu ikuti untuk tetap menjaga kesehatan kulitmu walau sering menggunakan masker.

Bersihkan Wajah Sebelum & Sesudah Beraktivitas 

Sama pentingnya seperti mencuci tangan, membersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan masker juga jadi skin care routine steps yang nggak boleh kamu lewatkan. Pastikan kamu menggunakan face wash yang cocok dengan kondisi kulitmu untuk mencegah iritasi pada kulit wajah. Setelah menggunakan masker, kamu perlu membersihkan wajah secara lebih ekstra menggunakan micellar water atau makeup remover sebelum mencuci wajah dengan face washFace cleansing step sangat penting untuk menghilangkan minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit, dan mencegah penyumbatan pori-pori setelah seharian menggunakan masker.

 

Pastikan Kulit Wajah Terhidrasi Dengan Moisturizer

Setelah mencuci wajah, kamu perlu perlu memastikan wajahmu tetap lembab sebelum dan selama beraktivitas menggunakan masker dengan mengaplikasikan moisturizer. Pelembab nggak hanya akan menjaga kulitmu tetap terhidrasi, tapi juga mampu mengatasi masalah iritasi dan kulit kering setelah kamu melakukan tahap face cleansing. Eitss, jangan lupa untuk melembabkan area bibirmu juga menggunakan lip balm, ya!

 

Tetap Gunakan Sunscreen

Menggunakan masker bukanlah alasan yang membuat kamu boleh melewatkan pemakaian sunscreen. Biarpun beberapa area wajahmu ditutupi oleh masker, kemungkinan kulitmu terbakar sinar matahari masih bisa terjadi. Lebih parahnya lagi, kulitmu bisa jadi belang kalau sampai melewatkan step ini. Nggak mau hal ini terjadi pada kulitmu, kan? Pastikan kamu menggunakan sunscreen di seluruh area wajah sebelum menggunakan masker. Pilih sunscreen yang memiliki tingkat SPF minimal 30 untuk memastikan kulitmu terlindungi, ya!

 

Hindari Penggunaan Makeup Di Bawah Masker

Sejak pakai masker, kamu nggak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk mengaplikasikan makeup. Mungkin ini saatnya kulitmu beristirahat, babes! Penggunaan makeup, seperti foundation, concealer, dan makeup products yang berpotensi menyumbat pori-pori serta menimbulkan iritasi di area yang tertutup masker memang sebaiknya dihindari. Supaya kamu bisa tetap tampil fresh dan fun dengan makeup, kamu bisa fokus pada makeup bagian mata, kok! Pastikan eye makeup-mu tetap on point dengan tetap menggambar alis, menggunakan eyeliner dan maskara, atau memadukan warna eyeshadows.

 

Sudah nggak perlu worry dalam menjaga kesehatan kulit di masa New Normal ini, kan? Tetap patuhi protokol kesehatan yang ada, babes! Stay healthy and safe!

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait