Terapkan Tips ini Agar Hemat Belanja Online di E-Commerce

  • Whatsapp
Terapkan Tips ini Agar Hemat Belanja Online di E-Commerce

Nyatanya belanja online di e-commerce semakin menarik perhatian masyarakat.

Nyatanya belanja online di e-commerce semakin menarik perhatian masyarakat, khususnya kalangan milenial atau orang yang masih produktif. Selain akses dan transaksinya yang sangat mudah, banyaknya promo yang ditawarkan menjadi hal yang paling penting bagi para penyuka belanja.

Ya, memang belanja online di e-commerce saat promo bisa mengurangi pengeluaran belanja. Tapi tetap saja bila tidak disiasatinya dengan cerdas, sering kali membuat kita menjadi khilaf dan tanpa disadari pengeluaran belanja jadi boros juga.  Lalu bagaimana tips menyiasatinya agar belanja online tetap hemat atau bisa lebih hemat?

 

Daftar E-commerce yang Sering Mengadakan Promo

1. Tokopedia

Flash sale di tokopedia

Sejak berdirinya pada 2009 lalu, Tokopedia terus memberikan banyak penawaran promo untuk menarik minat belanja banyak orang. Promo yang diadakan Tokopedia, antara lain: flash sale dengan diskon mulai dari 10%-80%, cashback dari Rp5 ribu-Rp400 ribu, kupon gratis ongkir dari penukaran poin dan masih banyak lagi.

2. Bukalapak

bukalapak

Flash sale di bukalapak

Bukalapak menjadi salah satu tempat belanja online yang juga memberikan banyak promo, mulai dari diskon 6%-99%, voucher gratis ongkir, cashback hingga jutaan rupiah, potongan biaya ongkir, promo kartu kredit, serba seru mulai Rp1 dan sebagainya.

3. Shopee

shopee

Flash sale di shopee

Semua orang pasti sudah tau Shopee, bukan? Ya, e-commerce ini mengadakan banyak promo yang sangat menggiurkan, di antaranya ada potonga harga yang dimulai dari 4%-91%, voucher gratis ongkir atau potongan ongkir, reward koin shopee yang bisa ditukar dengan berbagai voucher, cashback hingga ratusan ribu rupiah, harga serba Rp10ribu untuk berbagai macam barang yang dijual dan lainnya.

Tips Menyiasati Belanja Hemat di E-commerce

1. Tentukan Prioritas Dahulu

Bagi Anda yang sudah cerdas dalam mengelola gaji bulanan tentunya sudah paham, apa saja kebutuhan yang harus diutamakan atau diprioritaskan terlebih dahulu dan mana saja kebutuhan atau keinginan yang bisa ditunda.

Awalnya memang sedikit rumit, karena Anda harus menahan nafsu belanja banyak barang yang diinginkan. Namun, cara ini tentunya akan membantu mengontrol pengeluaran belanja, apalagi ketika melihat banyak promo yang menggiurkan di e-commerce langganan Anda.

Baca Juga: Daftar Belanja yang Tepat Bisa Bikin Belanja Lebih Hemat

2. Catat Barang yang Ingin Dibeli

catat

Catat barang yang akan dibeli

Untuk menghindari hilangnya kendali dalam belanja online di e-commerce, alangkah baiknya bila lakukan pencatatan terlebih dahulu mengenai barang kebutuhan atau keinginan apa saja yang akan dibeli. Jadi, Anda hanya boleh membeli barang sesuai dengan yang ada pada catatan tersebut.

3. Belanja Saat Butuh Saja

Penyebab utama yang bikin kantong jadi jebol adalah pengeluaran uang yang tidak terkontrol dengan baik, apalagi bila melihat flash sale di e-commerce. Misalnya, berhubung lagi banyak promo, Anda sesuka hati berbelanja banyak barang, walau barang tersebut sedang tidak dibutuhkan.

Untuk menghindari hal tersebut, maka sebaik mungkin tahan nafsu belanja dan pastikan jika ingin belanja disaat butuh saja. Dengan begitu barang yang dibeli bisa langsung bermanfaat untuk Anda.

4. Miliki Banyak Akun E-commerce

akun

Miliki banyak akun e-commerce

Setiap e-commerce menyelenggarakan promo yang beragam. Meski promo tersebut tak jauh-jauh dari diskon, gratis ongkir, cashback dan lainnya, tapi nilai dari promo tersebutlah yang membedakan.

Misalnya saja, kosmetik A di semua e-commerce lagi ada diskon, Tokopedia 15%, Bukalapak 13%, Shopee 17% dan sebagainya. Meski nilai diskon yang ditawarkan tidak jauh berbeda, tapi tetap saja akan berpengaruh pada daya beli konsumen.

Maka tak ada salahnya untuk memiliki lebih dari satu akun e-commerce yang menjual berbagai macam barang kebutuhan, sehingga bisa melakukan perbandingan untuk mendapatkan barang yang terbaik.

5. Bandingkan Barang Setiap E-commerce

Enggak cuma di toko offline saja, membandingkan barang yang akan dibeli secara online juga sangat penting di lakukan. Perhatikan dengan teliti mulai dari kondisi barang dengan membaca keterangan pada kolom deskripsi, harga, hingga promo yang berlaku pada barang tersebut.

Ya, walaupun sedikit membuang waktu tapi ini dapat menguntungkan, yaitu selain mendapatkan barang yang bagus, Anda juga akan mendapatkan harga yang murah.

Baca Juga: Belanja Online Jadi Hemat dengan Kartu Kredit dengan 8 Cara Ini

6. Ikuti Media Sosial dan News Letter

media sosial

Ikuti media sosial dan berlangganan news latter

Dapatkan informasi promo terbaik dan terupdate di setiap e-commerce yang Anda miliki dengan mengikuti semua akun sosial media mereka, baik Facebook dan Instagram. Selain itu, Anda juga perlu berlangganan news latter mereka. Sebab, kedua media ini paling sering digunakan e-commerce untuk menginformasikan promo-promo menarik kepada pelanggan setia mereka.

Dengan news latter tersebut juga, belanja bisa lebih mudah, yaitu biasanya hanya tinggal klik gambar, kemudian order. Jadi pembeli tak perlu repot-repot dan membuang waktu hanya untuk mencari barangnya di kolom pencarian.

7. Belanja Sesuai Budget

Kesalahan orang dalam mengelola keuangan yang hingga kini masih sering dilakukan terutama kalangan milenial adalah hanya memisahkan budget kebutuhan, tagihan, uang makan dan transpot saja. Sementara uang untuk belanja-belanja tidak disiapkan secara khusus. Mereka beralasan uang sisa yang mereka pegang bisa digunakan untuk apa saja. Hal ini tentunya bisa membuat Anda menjadi lebih boros dalam belanja.

Lihat kembali pada catatan barang yang akan dibeli, kemudian perkirakan berapa budget yang harus dikeluarkan untuk beli barang tersebut. Bila harga barang dibandrol mulai dari Rp100 ribu – Rp150 ribu, maka budget yang perlu disiapkan hanya sekitar harga itu.

Waspada Toko Online Bodong

Biar belanja di flash sale makin hemat, Anda juga bisa membayar belanjaan dengan menggunakan kartu kredit. Sebab, setiap kartu kredit juga memberinkan banyak keuntungan mulai dari cicilan 0% hingga poin yang bisa ditukarkan.

Pastikan juga toko online tempat belanja Anda terpercaya bukan abal-abal. Tetaplah hati-hati dan pastikan toko online yang Anda tuju sudah mencantumkan segala informasi yang jelas mengenai toko dan barang yang dijual. Jika penjual mencurigakan, proses pembelian jangan diteruskan dan segera laporkan kepada penyedia e-commerce.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kebiasaan Shopping Wanita Indonesia

 



Klik disini untuk menuju ke sumber berita

Pos terkait