Lion dan Citilink Mulai Turunkan Harga Tiket Penerbangan

  • Whatsapp
Lion dan Citilink Mulai Turunkan Harga Tiket Penerbangan
Lion Dan Citilink Mulai Turunkan Harga Tiket Penerbangan

MoeslimChoice | Menyusul pertemuan dengan pemerintah untuk menurunkan haga tiket penerbangan, sejumlah maskapai mulai mengumumkan tarif baru yang lebih murah dibandngkan dengan harga menjelang lebaran. Maskapai Lion Air, yang paling banyak melayani jalur penerbangan doestik, misalnya, menurunkan sejumlah harga tiket penerbangan rute tertentu.

Muat Lebih

Loading...

Corporate Communications Strategic PT Lion Air Danang Manggala Prihantoro mengakui kebijakan ini mengikuti keputusan pemerintah sehubungan penurunan harga jual tiket pesawat pada jaringan domestik. “Lion Air akan memberlakukan harga jual tiket promo sampai dengan 50 persen dari tarif dasar batas atas,” ujar Danang dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu, 22/6/19.

Harga promo ini, Danang bilang, akan diterapkan pada waktu keberangkatan dan kondisi tertentu serta mengikuti syarat dan ketentuan. Syarat dan ketentuannya antara lain tarif yang berlaku belum termasuk ogkos bagasi yang didaftarkan, pelayanan jasa penumpang udara, pajak pertambahan nilai (PPN) dan biaya asuransi. Penurunan tarif itu juga hanya untuk pemesanan atau pembelian tiket promo harus dilakukan paling lambat 10 hari sebelum keberangkatan (H-10).

Beberapa harga tiket promo yang diumumkan Lion antara lain:

Soekarno-Hatta, Tangerang – Tanjung Karang Rp 216.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Semarang Rp 396.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Palembang Rp 417.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Surakarta/ Solo Rp 444.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Pangkalpinang, Bangka Rp 489.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Bengkulu Rp 517.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Jambi Rp 583.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Pekanbaru Rp 697.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Surabaya Rp 583.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Lombok Praya Rp 695.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Pontianak Rp 645.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Padang Rp 725.000

Balikpapan – Surabaya Rp 670.000

Banjarmasin – Surabaya Rp 513.000

Batam – Soekarno-Hatta, Tangerang Rp 707.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Medan Kualanamu Rp 896.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Makassar Rp 911.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Palu Rp 963.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Kendari Rp 1.080.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Banda Aceh Rp 1.129.000

Manado – Soekarno-Hatta, Tangerang Rp 1.315.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Ternate Rp 1.460.000

Soekarno-Hatta, Tangerang – Jayapura Rp 2.326.000

Sedangkan Garuda Indonesia Group, melalui maskapai low cost carrier (LCC, tarif rendah), Citilink juga akan mengikuti keputusan tersebut. Sedangkan untuk rute dan jadwalnya masih didiskusikan.

“LCC kan akan turun menurut kita bagus ya harapan kita memang seperti itu, sangat fair itu, jadi nggak semuanya turun, pasti kita ikuti. Kalau jadwal, turun tarifnya berapa, dan mana rutenya kita belum bisa info masih kita diskusikan nanti kita cek dulu ke Citilink,” kata VP Corporate Communication Garuda Indonesa Ikhsan Rosan.

Dengan begitu menurutnya maskapai dapat memberikan harga tiket yang sesuai namun tidak menjadi beban operasional. “Jadi kita bisa tentukan harga yang baik buat masyarakat tapi maskapai nggak rugi,” ungkap Rosan.

Pemerintah juga akan menginisiasi penurunan pada biaya jasa bandara, harga avtur, hingga pajak-pajak perawatan, penyewaan, dan impor onderdil pesawat. Rosan juga mengatakan Garuda menyambut baik hal itu, katanya dapat membantu maskapai tetap terbang.

“Insentif dari pemerintah, pajak, bahan bakar, kebandaraan itu akan sangat membantu untuk maskapai tetap terbang. Itu memang harus dibantu oleh stakeholder lain,” kata Rosan.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kebijakan baru ini baru akan berlaku efektif mulai pekan depan. Dia pun berharap para maskapai penerbangan LCC domestik bisa sama-sama menurunkan tarif tiket pesawat.

“Kebijakan ini akan efektif 1 minggu diharapkan para airline sudah menurunkan tarif tersebut. Ini satu hal yang baik mari kita tunggu satu minggu ini para airline akan turunkan dengan dasar arahan Pak Menko (Darmin Nasution),” katanya saat ditemui di Gedung Kementerian Perekonomian, Jakarta, Kamis, 20/6/19.



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait