Kiat berburu komponen mobil berkualitas

  • Whatsapp
Kiat berburu komponen mobil berkualitas
Kiat Berburu Komponen Mobil Berkualitas

Adakalanya seorang pemilik mobil berburu komponen untuk kendaraannya. Mungkin sekadar menambah stok untuk komponen fast moving seperti kampas rem, busi, filter oli, dan sebagainya.

Hal itu biasanya dilakukan oleh para pengguna mobil bekas yang sudah tidak diproduksi, dengan kata lain komponennya sudah sulit didapatkan.

Muat Lebih

Loading...

Meski begitu, pemilik mobil baru juga tak ada salahnya berburu komponen, entah untuk tujuan memodifikasi performa, mempercantik tampilan, atau sekadar menambah stok komponen saja. Inilah beberapa kiat untuk berburu komponen berkualitas untuk mobil Anda.

Sebisa mungkin gunakan komponen asli pabrikan

Berkendara yang nikmat itu lekat dengan keamanan dan kenyamanan. Kendaraan biasanya sudah dirancang seaman dan senyaman mungkin dari pabrikan. Harganya mungkin sedikit lebih tinggi, tapi kualitasnya tentu lebih terjamin. Selain itu, garansinya juga lebih jelas.

Daripada mempertaruhkan nyawa pada komponen yang tidak jelas, ada baiknya hanya gunakan onderdil asli pabrik untuk komponen yang penting dan krusial seperti suspensi, transmisi, dan sistem pendingin.

Hati-hati dengan produk palsu

Produk palsu, dikenal di pasar dengan istilah KW. Biasanya, produk KW memiliki bentuk yang hampir sama persis dengan komponen asli. Sebelum membeli, teliti lebih dulu apakah komponen yang dibeli asli atau KW. Atau, beli saja langsung di toko resmi produk terkait untuk menghindari produk palsu.

Manfaatkan sistem interchangeable part

Untuk komponen tertentu, biasanya pabrikan memiliki sistem share antar komponen untuk beberapa tipe kendaraan. Artinya, beberapa part antara mobil tipe A dan B sebenarnya sama, meskipun tipe A adalah mobil yang lebih mahal dari B, misalnya.

Ini bisa dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran, tapi tentunya harus dipastikan apakah spesifikasi dan fungsi komponen tersebut benar-benar cocok dengan mobil Anda.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Berburu komponen boleh-boleh saja, tapi apakah part yang dibeli benar-benar diperlukan di kemudian hari? Ini harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai komponen yang dibeli malah jadi barang yang membuat gudang Anda makin sempit.

Manfaatkan pameran otomotif

Sebentar lagi, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan segera digelar. Ajang tahunan itu merupakan salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia. Tentu saja komponen atau aksesori mobil berlimpah ruah dalam ajang tersebut. Jika cermat, Anda bahkan bisa menghemat pengeluaran dengan memanfaatkan promo yang tersedia selama pameran berlangsung.

Asuransikan mobil Anda

Beberapa kiat di atas akan semakin maksimal jika mobil diberikan perlindungan ekstra. Program yang ditawarkan asuransi bisa membantu Anda menghindari pengeluaran berlebih jika mobil mengalami kerusakan atau kecelakaan.

Asuransi seperti Garda Oto memiliki fitur Garda Akses (tim call center profesional yang dapat dihubungi kapan saja), Garda Siaga (tim yang siap membantu selama 24 jam jika terjadi masalah darurat) tanpa pungutan biaya, dan pengajuan emergency request sesuai kebutuhan sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Proses klaim dan pendaftaran juga mudah. Hanya dengan mengakses Garda Oto Digital melalui gawai, Anda bisa membeli asuransi dan melakukan klaim di tempat yang Anda tentukan hanya melalui ponsel dalam genggaman Anda.

Tidak hanya itu, dengan beragam kemudahan yang ditawarkan Garda Oto, #TauGitu tidak perlu menunggu lagi untuk mengasuransikan mobil pertama Anda. Untuk Anda yang ingin mencari tahu lebih detail tentang informasi Garda Oto Digital, Anda dapat langsung mengakses tautan berikut ini.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait