Empat Titik Paling Kotor di dalam Mobil

  • Whatsapp
Empat Titik Paling Kotor di dalam Mobil
Empat Titik Paling Kotor Di Dalam Mobil

Mantapps.com, NEW YORK — Mobil yang dikendarai berjam-jam ke sana kemari tak ayal membuat bagian dalamnya dihinggapi kuman. Karena itu, penting untuk tahu bagian mobil mana saja yang paling banyak dihinggapi kuman. Dengan demikian titik-titik tersebut mendapat perhatian khusus untuk dibersihkan.

Muat Lebih

Dilansir Real Simple, berdasar survei di Amerika Serikat (AS) yang dilakukan oleh CloroxPro sebagian besar responden mengira bagian paling kotor dalam mobil adalah pada bagian lingkar kemudi dan tuas pembuka pintu mobil. Tapi ternyata penelitian klinis justru menemukan hasil yang jauh berbeda.

Berdasar swab test pada interior mobil, bagian paling penuh bakteri adalah karpet pada kabin pengemudi. Meski pengendara jarang bersentuhan langsung dengan bagian ini, namun sebaiknya karpet mobil tetap harus mendapat perhatian khusus.

Terkadang ada saja benda yang terjatuh ke karpet. Otomatis, saat pengendara mengambil benda itu, maka kuman di karpet berpindah ke benda dan kemudian juga akan berpindah ke tangan.

Untuk membuat karpet terbebas dari kuman kita dapat mengeluarkan dan mengepakkan bagian atas karpet. Selain itu disarankan agar menaburinya dengan baking soda lalu membiarkannya selama setengah jam.

© Telegraph
Wanita menyetir mobil. Ilustrasi

Lanjutkan membersihkan dengan vacuum cleaner. Tapi jika ada noda yang melekat, maka bersihkan dengan cairan khusus pembersih karpet mobil.

Selain karpet, tempat favorit kedua untuk jadi sarang kuman adalah bagasi. Bagasi sebaiknya rutin dibersihkan dengan vacuum cleaner. Jika terdapat karpet pada bagian bagasi, maka bersihkan karpet itu dengan cara seperti membersihkan karpet pada kabin pengemudi.

Selanjutnya, cup holder di bagian bangku depan ternyata juga jadi bagian paling kotor. Bagian ini harus diperhatikan karena kerap terkena tumpahan minuman dan makanan.

Selalu siapkan tisu basah di konsol depan. Begitu cup holder terkena tumpahan, bagian tersebut dapat segera dibersihkan sebelum kuman berpindah ke tangan kita.

Urutan keempat titik terkotor di mobil ternyata ditempati oleh dashboard air ventilation. Bagian ini juga harus mendapat perhatian agar kuman-kuman tak bersirkukasi di dalam kabin.

Untuk membuat dashboard air ventilation tetap bersih, cukup usap bagian tersebut dengan tisu basah. Jika ingin lebih bersih, buka jendela sedikit, lalu semprot bagian tersebut dengan spray desinfektan.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait