Pemerintah Memberikan Dukungan Rp 1.63T Kepada PT. INKA

  • Whatsapp

#KeretaApi #INKA #Pemerintah Mantapps.com, Banyuwangi – PT. INKA baru saja mendapatkan investasi dari pemerintah sebesar Rp 1.63 triliun untuk perluasan dan peningkatan produktivitas industri kereta api. Pemerintah terus berupaya memberikan dukungan agar perluasan pabrik PT. INKA di Banyuwangi Jawa timur terus berjalan.

Perluasan pabrik tersebut meliputi pembangunan workshop dan fasilitas senilai Rp 1,34 triliun, serta Perencanaan dan Pengadaan lahan sebesar Rp 0,29 triliun. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengharapkan dengan pembangunan pabrik tersebut dapat memberikan multiplier effect terhadap perekonomian Indonesia.

Muat Lebih

“Salah satunya penyerapan tenaga kerja lokal yang bertambah 3.000 tenaga kerja sehingga pekerja INKA menjadi 8.000 orang,” kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Minggu (20/1).

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro menyampaikan, peluang industri perkeretaapian masih terbuka lebar, misalnya untuk pasar di Asia Selatan dan Afrika.

Terakhir, PT INKA melakukan pengiriman hasil tender yang nantinya berjumlah total 250 gerbong kereta penumpang ke Bangladesh dengan nilai kontrak sebesar USD 100,89 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun.

Menurut Budi, untuk memenangkan kompetisi dengan perusahaan dari negara lain, pihaknya mengutamakan kualitas produk yang bagus, harga murah, serta pengiriman cepat. “Kereta ini didesain khusus dengan kebutuhan layanan di sana, misalnya muatan diperbanyak dan atap diperkuat,” jelasnya.

Saat ini, PT INKA (Persero) juga tengah menyelesaikan pesanan dari dalam negeri, yakni 438 kereta LRT Jabotabek pesanan PT KAI, rangkaian kereta untuk Filipina, serta menggarap potensi di Srilanka. [azz]

Reporter : Wilfridus Setu Embu

Pos terkait