Mesjid Tertua di Boyolali, Berumur 1 Abad

  • Whatsapp

Mantapps.com – Boyolali punya mesjid tua peninggalan Raja Keraton Surakarta, Paku Buwono X.

Menurut kabar mesjid ini sekarang berusia 1 abad. Didirikan pada hari Selasa Pon, 14 Jumadil akhir 1838 Je. Kalau Masehi sekitar tahun 1905. Kalau dihitung sampai sekarang kurang lebihnya sudah 114 tahun. Sudah satu abad lebih 14 tahun.

Muat Lebih

Sementara letaknya, berlokasi di kompleks wisata religi Pengging, Kecamatan Banyudono, Boyolali. Di belakang masjid adalah kompleks makam salah satu pujangga Keraton Surakarta, Yosodipuro. Masjid ini juga termasuk masjid bersejarah dan merupakan jejak peninggalan dalam penyebaran Islam khususnya di wilayah Pengging.

Ada sejumlah keunikan dari masjid ini. Selain dibangun oleh Raja, kemudian nama, bentuk bangunannya dan yang paling unik yakni arah kiblatnya. Masjid itu sekilas sudah mengarah ke arah barat. Biasanya arah kiblat serong ke kanan. Namun di masjid Cipto Mulyo ini yakni serong ke kiri.

Selain arah kiblat, bentuk bangunan masjid ini juga tergolong berbeda dari masjid kebanyakan. Masjid Cipto Mulyo menampilkan desain Jawa kuno. Ornamen-ornamen ukiran terpasang di ventilasi pintu.

Tiang dan usuk dari kayu jati masih yang aslinya. Dindingnya pun masih aslinya, hanya saja saat ini sebagian telah dilapisi dengan marmer.

Sejumlah benda lain yang masih asli sejak zaman dulu, seperti bedug dan kentongan. Bahkan, bedug berukuran besar itu dibuat dari kayu utuh. Di kentongan itu juga terdapat tulisan PB X.

Contributor: Mantapps

Pos terkait