Ini Biaya yang Dibayar Warga Untuk Sertifikasi Tanah

  • Whatsapp

#biaya #pembuatan #sertifikattanah #warga

Mantapps.com, Jakarta – Seperti yang diketahui, program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) sudah dijalankan pemerintahan kabinet kerja sejak tahun 2017. Namun sayangnya masih ada praktik pungli yang dilakukan oknum.

Bacaan Lainnya

Loading...

Dikutip Mantapps dari detik, padahal, sudah ada aturan yang mengatur bahwa program PTSL ada biaya yang dibebankan atau harus dibayar oleh masyarakat, biaya itu dalam rangka pelaksanaan persiapan pendaftaran tanah sistematis.

Dana tersebut untuk kegiatan penyiapan dokumen, kegiatan pengadaan patok dan materai, lalu kegiatan operasional petugas kelurahan/desa.

Menteri ATR Sofyan Djalil mengatakan, biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat dalam proses pembuatan sertifikat ini pun dilakukan di tingkat desa, dalam hal ini kelurahan.

Sesuai ketentuan SKB 3 Menteri Nomor 25 Tahun 2017. Berikut biaya pembuatan sertifikat tanah untuk masyarakat:

  • Kategori I untuk Provinsi Papua, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp 450.000.
  • Ketegori II untuk Provinsi Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebesar Rp 350.000.
  • Kategori III untuk Provinsi Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Kalimantan Timur sebesar Rp 250.000.
  • Kategori IV untuk Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Kalimantan Selatan sebesar Rp 200.000.
  • Kategori V untuk Pulau Jawa dan Bali sebesar Rp 150.000.

Contributor: Mantapps

Loading...

Pos terkait