Disokong Teknologi BMW, Mobnas Vietnam Pede Lawan Raksasa Jepang

  • Whatsapp
Disokong Teknologi BMW, Mobnas Vietnam Pede Lawan Raksasa Jepang
Disokong Teknologi Bmw, Mobnas Vietnam Pede Lawan Raksasa Jepang

Mantapps.com – Vietnam menunjukkan keberhasilannya pada sektor otomotif dengan meluncurkan mobil nasionalnya (mobnas) yang bermerek VinFast. Peluncuran mobnas Vietnam ini ditandai dengan mulai dijual dan dikirimkannya unit Fadil (tipe mobil VinFast) ke tangan konsumen. Bahkan VinFast dikatakan siap bersaing dengan raksasa otomotif asal Jepang, Toyota dan kawan-kawannya.

Muat Lebih

Sebagaimana Mantapps.com kutip dari AsiaNikkei, Rabu (19/6), mobnas VinFast merupakan ambisi dari perusahaan konglomerat nasional VinGroup. VinFast awalnya ditargetkan untuk memproduksi 250 ribu model setiap tahun. Hampir setara dengan total penjualan mobil tahunan Vietnam. Namun belakangan, VinFast yakin mereka dapat memproduksi 500 ribu kendaraan setiap tahun.

Di balik ambisi VinFast akan mobnasnya, rupanya mereka memiliki backing dari sejumlah raksasa otomotif dunia. Salah satunya dari Jerman, Bavarian Motor Works alias BMW. Seperti sudah disinggung di atas, peluncuran VinFast perdana ditandai dengan melenggangnya kendaraan bertipe hatchback bernama Fadil.

Selain hatchback Fadil, kendaraan tipe lainnya yakni model sport dan sedan juga akan mereka garap. Kedua tipe tersebut diharapkan akan debut akhir Juli mendatang, sementara kendaraan listriknya juga akan memasuki pasar sebelum akhir tahun.

VinGroup, meskipun tidak memiliki keahlian otomotif sebelumnya, mereka berhasil membangun pabrik perakitan dan beroperasi dalam waktu kurang dari dua tahun setelah mengumumkan rencana ambisius tersebut. VinFast merekrut mantan eksekutif General Motors Jim DeLuca untuk memimpin perusahaan sebagai CEO.

VinFast juga meminta bantuan pengembangan dan produksi dari pembuat mobil kontrak Austria Magna Steyr. Dua puluh hingga 30 perusahaan global juga bekerja sama dengan pembuat mobil Vietnam, sebagian besar pemain Jerman, selain BMW pembuat suku cadang Robert Bosch juga dilibatkan dalam upaya membuat mobnas tersebut.

Sementara dikutip dari Carscoops, VinFast sebelumnya pernah memamerkan versi massal mobil SUV Lux V8 di Geneva Motor Show, versi yang lebih perkasa dari konsep Lux SA2.0. VinFast berencana memulai produksi model pertamanya pada Maret 2019 lalu dan telah mendapatkan lisensi dari BMW untuk menggunakan arsitektur model sedan 5-Series untuk sedan Lux A2.0 dan X5 untuk SUV AS2.0

Lebih gahar, Lux V8 yang baru tidak ditenagai oleh mesin 2,0 liter empat silinder turbo, namun mesin V8 6,2 liter. Dengan kubikasi mesin sebesar itu, mobil dapat memuntahkan daya sebesar 455 hp dan torsi 460lb-ft (624 Nm). Spesifikasi mesin ini sangat mirip dengan mesin GM LS. GM juga dikenal karib dengan VinFast.

Berbekal mesin 6,2 liter, mobil tentu dapat mencapai kecepatan yang tinggi. Dikatakan bahwa dengan mesin segitu, VinFast Lux V8 yang baru mampu digeber hingga mencapai kecepatan tertinggi 300 kilometer per jam.



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait