Cara Melatih Mata Supaya Tetap Fokus Mengemudi

  • Whatsapp
Cara Melatih Mata Supaya Tetap Fokus Mengemudi
Cara Melatih Mata Supaya Tetap Fokus Mengemudi

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Ada cara untuk melatih mata supaya tetap fokus sepanjang perjalanan. Foto: mystratfordnow.com

JAKARTA, Mantapps.com – Salah satu bagian tubuh yang paling cepat lelah saat mengemudi jauh adalah mata. Karena itu perlu cara yang lebih spesifik untuk melatih mata supaya tetap fokus sepanjang perjalanan.

Muat Lebih

Loading...

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), mengatakan, mata harus tetap distimuli agar tetap fokus. Sebab tidur dan istirahat saja tak cukup menjaga mata agar tidak bosan selama mengemudi.

“Agar tidak cepat bosan selalu gerakan mata setiap 2 detik sekali dan cek spion setiap 8 detik sekali. Juga isi perjalanan dengan obrolan dengan penumpang agar terhindar dari rasa bosan. Kalau sudah terlalu membosankan berhenti di rest area terdekat,” kata Marcell kepada Kompas.com, belum lama ini.

Untuk itu kata Marcell sangat berguna memiliki teman perjalanan yang kooperatif. Bahkan lebih baik lagi jika dalam perjalanan tidak hanya satu orang yang bisa mengemudi, sehingga bisa bergantian menyetir.

“Usahakan miliki tandem bila harus mengemudi dengan waktu tempuh lebih dari 6 jam,” kata Marcell.

Marcell mengatakan, kemampuan tiap orang untuk fokus berkendara berbeda-beda. Namun menurut studi seseorang dilarang mengemudi lebih dari 8 jam secara terus menerus, karena sudah di luar batas kemampuan fisik manusia normal.

“Wajib untuk melakukan istirahat setiap 2 jam sekali, serta setiap 4 jam wajib tidur sekitar 10 sampai 15 menit agar badan segar kembali. Tapi sebelum melakukan perjalanan jauh usahakan tidur terlebih dahulu minimal 45 menit,” katanya.

Penulis: Gilang Satria

Editor: Agung Kurniawan

Copyright Kompas.com

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait