Beli Motor Bekas, Pastikan Ada Jaminan Inspeksi

  • Whatsapp
Beli Motor Bekas, Pastikan Ada Jaminan Inspeksi

© Ahmad Garuda
Jika Anda tak ingin ambil risiko, sebaiknya menggunakan jasa inspektor (mekanik khusus untuk melakukan inspeksi kendaraan) yang memang punya sertifikasi khusus untuk itu.

Muat Lebih

Loading...

Jakarta: Membeli motor bekas apalagi untuk digunakan di musim mudik, bukan perkara mudah. Apalagi proses awalnya dilakukan secara online. Jika tak ingin seperti membeli kucing dalam karung, sebaiknya lebih jeli melakukan inspeksi sepeda motor yang hendak dibeli.

Tapi jika Anda tak ingin ambil risiko, sebaiknya menggunakan jasa inspektor (mekanik khusus untuk melakukan inspeksi kendaraan) yang memang punya sertifikasi khusus untuk itu.

“Membeli motor bekas kalau tak mau rugi, harus dipastikan kondisinya benar-benar sesuai dengan harga jualnya. Jangan sampai Anda membeli dengan harga tinggi hanya karena melihat bodi yang tanpa cacat, namun ternyata bagian mesinnya sudah banyak yang mengalami masalah,” jelas Head of Operation Otomoto Indonesia, Susi Irawaty kepada medcom.id pada Jumat (17/5/2019) di Malibu Restaurant, Jakarta.

Di beberapa marketplace, proses inspeksi dilakukan oleh mekanik yang sudah terlatih dan teruji dalam melakukan sertifikasi untuk kondisi kendaraan. Di Jubelmoto, mereka bahkan sudah memiliki mekanik internal untuk melakukan inspeksi.

Ibarat seorang dokter yang melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap pasiennya, mekanik ini juga menggunakan alat stetoskop untuk mendengarkan bunyi gesekan mesin di beberapa bagian. Ini untuk melakukan verifikasi kondisi terkini sebuah kendaraan yang sedang appraisal.

“Jadi pemeriksaan seperti ini tentunya sangat penting sebelum memutuskan untuk membeli sebuah kendaraan. Pembeli punya acuan kondisi motor yang sebenarnya, lalu kesesuaian harga jualnya, kesesuaian tahun produksi dan banyak lagi lainnya. Kebetulan, khusus di website kami, rata-rata motor yang dijual punya pemeriksaan grade B+ sampai dengan A. Artinya kondisinya masih sangat baik.”

Kalau proses ini sudah dilakukan, tentu semakin memudahkan Anda untuk membeli kendaraan. Jadi sekarang, tak perlu bawa-bawa atau sewa mekanik khusus lagi untuk melakukan pemeriksaan. Lantaran di beberapa situs marketplace sudah menyediakannya sebagai tambahan fitur atau tambahan layanan. Meski harus mengeluarkan biaya tambahan untuk itu.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait