5 Jurus Jitu Bikin AC Mobil Selalu Dingin Saat Dipakai Mudik

  • Whatsapp
5 Jurus Jitu Bikin AC Mobil Selalu Dingin Saat Dipakai Mudik
5 Jurus Jitu Bikin Ac Mobil Selalu Dingin Saat Dipakai Mudik

Air conditioner (AC) mobil punya peranan penting dalam meningkatkan kenyamanan saat perjalanan jauh ke kampung halaman.

Muat Lebih

Loading...

Tapi beda cerita kalau kondisinya rusak atau jarang dilakukan perawatan, bisa-bisa ketika dipakai mudik, yang a hanya hembusan anginnya dan tidak . Kalau sudah begini tentunya satu-satunya alternatif mendongkrak kenyamanan adalah menikmati AC alam.

Nah sebelum mudik, ada baiknya cek dulu kondisi komponen AC mobil, paling mudah dan sebenarnya hanya ganti filter kabin. Namun ada beberapa langkah ringan lain yang bisa Anda lakukan, berikut tipsnya.

1. Ganti filter kabin

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Filter AC Mobil Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Sesuai penjelasan di awal, pembersihan atau ganti filter kabin jadi cara yang paling gampang dikerjakan. Sekalipun mobil tidak dilengkapi komponen ini, ada baiknya pasang filter kabin biar kotoran bisa disaring sehingga kesejukan AC mobil terjaga.

“ itu, padahal bersihin filter kabin itu sama s seperti bersihin filter udara mesin. Semprot aja pakai angin atau pakai kuas, s bersih yang penting rutin dibersihin AC dingin,” ungkap Hendra, penggawa Djamin AC, spesialis bengkel di Ciledug, Tangerang kepada kumparan, Sabtu (25/5).

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media NetworkApabila menghendaki penggantian filter kabin, justru lebih baik. Di pasaran, komponen ini dijual mulai dari Rp 70 ribuan tergantung jenis mobilnya.

2. Ganti filter pada kondensor

Ilustrasi Kondensor. Foto: Tamara Wijaya/kumparan© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Ilustrasi Kondensor. Foto: Tamara Wijaya/kumparan

Tak kalah penting menurut Hendra adalah penggantian filter pada kondensor. Memang untuk yang satu ini perlu pemeriksaan yang lebih mendalam lagi.

Filter yang punya bentuk tabung silinder, berfungsi sebagai uap air dari filter yang terletak pada receiver dryer. Komponen ini akan mencegah terjadinya pembekuan freon yang bisa menyumbat . Apabila terganggu, maka AC tidak lagi dingin.

Komponen yang satu ini juga terbilang terjangkau banderolnya, tidak sampai Rp 100.000 harganya.

3. Atur suhu maksimal di tingkat menengah

AC Mobil di KIA Grand Sedona Foto: Aditya Niagara© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
AC Mobil di KIA Grand Sedona Foto: Aditya Niagara

Kemudian dari sisi penggunaan, Hendra merekomendasikan untuk mengatur pada kondisi yang diperlukan saja. Artinya hindari menyetel suhu paling rendah dan blower pada tingkat tinggi.

Apabila perilaku tersebut selalu dilakukan, bukan tidak mungkin kerjanya jadi lebih berat dan komponen AC tidak panjang.

“AC dingin mah, -nya satu cukup, kan hembusan angin doang. Kalau juga tingkat satu sebenarnya sudah dingin, maksimal suhunya diputar atau dipencet setengah paling itu cukup,” timpalnya.

4. Keluarkan udara panasnya dulu

Ilustrasi AC mobil. Foto: macsradiator.com© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Ilustrasi AC mobil. Foto: macsradiator.com

Selanjutnya, apabila parkir di rest area di bawah terik matahari, setelah mobil ditinggal lama, jangan langsung aktifkan AC. Sebaiknya buang udara panasnya dulu biar kerja tidak berat menurunkan suhu.

Caranya dengan blower biar ada sirkulasi, sambil buka jendela atau pintu agar udara panas cepat keluar. Setelah kondisinya mulai , baru tutup pintu dan jendela, kemudian aktifkan AC.

5. Usahakan interior dalam keadaan bersih

Interior Mercedes-Benz 500E Foto: dok. CCA© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Interior Mercedes-Benz 500E Foto: dok. CCA

Terakhir, usahakan interior selalu dalam keadaan bersih dari , debu, dan partikel lainnya. Bukannya tanpa sebab, kotoran apalagi yang bentuknya kecil akan mudah terserap filter kabin. Apabila filter kabin sudah banyak menyaring kotoran, maka asupan udara akan sedikit dan mengakibatkan AC mobil tidak .

“Ya kotoran di filter kabin banyak, bisa dari karpet, sepatu, makanan, makanya kalau sudah enggak , yang pertama kali dicek pasti filter kabinnya,” tuntas Hendra.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait