Tafsir Politik Pertemuan Megawati – Prabowo

  • Whatsapp
Tafsir Politik Pertemuan Megawati - Prabowo
Tafsir Politik Pertemuan Megawati Prabowo

JAKARTA – Mantan Presiden Kelima, Megawati Soekarnoputri menerima kunjungan spesial Prabowo Subianto dan rombongan. Mega menjemput dan salaman Prabowo di depan pintu rumahnya dan menyiapkan menu khusus, nasi goreng khas untuk makan siang bersama di rumah pribadinya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Budi Gunawan, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) disebut-sebut sebagai juru temu di dua pertemuan penting, dua ketua umum partai ini: PDIP dan Gerindra. Sebelumnya, pertemuan Jokowi dan Prabowo di MRT Lebak Bulus, 13 Juli 2019 juga ditengarai diatur oleh Budi Gunawan.

Muat Lebih

Loading...

Ada sejumlah “tafsir makna politik” muncul di balik pertemuan Mega-Prabowo hari ini, misalnya: ini mengindikasikan Gerindra ingin masuk koalisi kabinet Jokowi jilid dua; Gerindra mengincar kursi ketua MPR RI; koalisi PDIP dan Gerindra bisa mengurangi ruang gerak koalisi pengusung Jokowi-Ma’ruf untuk tetap menghormati hak prerogatif Presiden Jokowi dalam menentukan anggota kabinetnya; dan ini juga menjadi sinyal agar Jokowi-Ma’ruf jangan tersandra oleh koalisi pendukung awalnya, misalnya NasDem, PKB, dkk.

Nama saja tafsir politik, bisa benar bisa juga meleset. Yang pasti, pertemuan dan silaturahmi Mega-Prabowo idealnya dimaknai secara positif untuk kebersamaan atau “rujuk nasional” anak-anak bangsa setelah terpolarisasi, dua kubu selama musim pemilihan presiden 2019. “Ini sinyal baik, merekat persatuan bangsa,” kata Prof. Dr. Hamka Haq, Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP.

M. Saleh Mude, Kontributor Bacapesan.com, Jakarta.  

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait