Rekonsiliasi Politik Keniscayaan Hindari Kisruh Negeri

  • Whatsapp
Rekonsiliasi Politik Keniscayaan Hindari Kisruh Negeri
Rekonsiliasi Politik Keniscayaan Hindari Kisruh Negeri

Jakarta, innews.co.id – Genderang perang dalam dunia politik nampaknya kembali ditabuhkan pasca perayaan Idul Fitri. Gugatan Paslon 02 yang kini sudah disampaikan ke Mahkamah Konstitusi bakal segera disidangkan.

Muat Lebih

Menyikapi kondisi demikian, wajar bila banyak masyarakat merasa khawatir akan kondisi bangsa. Tak heran, sejumlah tokoh bangsa menyuarakan rekonsiliasi politik sebagai bagian dari upaya menstabilkan bangsa.

Seperti disampaikan Mahfud MD, Ketua Gerakan Suluh Bangsa dalam kunjungannya ke Kantor Kemenkopolhukam, Selasa (28/5/2019) lalu.

Menurut Mahfud, “Kita mendorong adanya rekonsiliasi politik. Karena politik itu tidak bisa zero sumgame. Yang menang mengambil semuanya, yang kalah dihabisi seluruhnya”.

Bicara rekonsiliasi politik, Kasubdit Idewasbang Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Timur Robertho Manurung saat dihubungi, Jumat (7/6/2019) mengatakan, kondisi bangsa sekarang ini penting dikedepankan rekonsiliasi politik agar situasi bangsa tidak terus menerus bergejolak.

Dia menambahkan ada beberapa paket rekonsiliasi politik yang bisa menjadi pemikiran bersama yakni, pertama, rekonsiliasi paket Pilpres, di mana Sandiaga Uno menjadi pendamping Presiden Joko Widodo.

Kedua, rekonsiliasi partai politik di mana Zulkifli Hasan (Ketua MPR dan Ketua Umum PAN) bisa diajukan sebagai pendamping Jokowi.

Ketiga, rekonsiliasi genetika politik, di mana Titiek Soeharto diusung menjadi Wakil Presiden mendampingi Jokowi.

Dari ketiga paket rekonsiliasi tersebut, imbuh Robertho, rasanya rekonsiliasi genetika politik bisa menjadi alternatif utama.

Bagi Mahfud, untuk alam dan budaya Indonesia rekonsiliasi politik itu menjadi penting untuk terus didorong.

“Yang sekarang mulai dilakukan dan mulai tampak perkembangan yang positif,” tandas Mahfud lagi. (RN)

Hosting Unlimited Indonesia

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait