Menilik Hasil Quick Count Pemilu 2019

  • Whatsapp
Quick count

Mantapps.com, Jakarta – Menurut Wikipedia, Hitung cepat atau jajak cepat (bahasa Inggris: quick count) adalah sebuah metode verifikasi hasil pemilihan umum yang dilakukan dengan menghitung persentase hasil pemilu di tempat pemungutan suara(TPS) yang dijadikan sampel. Berbeda dengan survei perilaku pemilih, survei pra-pilkada atau survei exit poll, hitung cepat memberikan gambaran dan akurasi yang lebih tinggi, karena hitung cepat menghitung hasil pemilu langsung dari TPS target, bukan berdasarkan persepsi atau pengakuan responden. Selain itu, hitung cepat bisa menerapkan teknik sampling probabilitas sehingga hasilnya jauh lebih akurat dan dapat mencerminkan populasi secara tepat.

Hitung cepat lazim dilakukan oleh lembaga atau individu yang memiliki kepentingan terhadap proses dan hasil pemilu. Tujuan dan manfaat dari hitung cepat adalah agar pihak-pihak yang berkepentingan memiliki data pembanding yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kemungkinan kecurangan yang terjadi pada proses tabulasi suara. Dengan hitung cepat, hasil pemilu dapat diketahui dengan cepat pada hari yang sama ketika pemilu diadakan. Jauh lebih cepat dibandingkan hasil resmi yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memakan waktu lebih kurang dua minggu. Selain itu dengan hitung cepat biaya yang dibutuhkan jauh lebih hemat daripada melakukan penghitungan secara keseluruhan.

Muat Lebih

Loading...

Berdasarkan hal tersebut, quick count bisa dikatakan sebagai bahan referensi yang tepat, ada banyak lembaga yang melakukan quick count, namun tetap saja hasil akhir akan diputuskan oleh pihak KPU sekitar 1 bulan kedepan.

Saat ini versi quick count pasangan capres Joko Widodo – Ma’ruf Amin mengungguli pasangan capres Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Hingga artikel ini ditulis, pasangan capres nomor urut 01 unggul dari lawannya nomor urut 02 dengan raihan 54 : 45 %.

Namun, yang menjadi perhatian adalah,,, perlukah kita yakin bahwa perhitungan quick count itu tepat? Perlu diketahui, quick count dilakukan berdasarkan data yang didapat dari hasil dilapangan tapi hasil akhir tetap lah ditangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan di rilis sekitar 1 bulan kedepan.

Jadi, kita tunggu saja hasil akhir yang akan dirilis resmi oleh pihak KPU.

Loading...

Pos terkait