Kata Demokrat Soal ‘Putihkan GBK’ di Kampanye Prabowo

  • Whatsapp

Mantapps.com – Hinca Panjaitan, Sekjen Partai Demokrat menyampaikan jika Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sejak awal menilai kampanye akbar Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Gelora Bung Karno sarat dengan nuansa politik identitas.

Dikutip Mantapps dari detikcom, menurut kabar ia juga menyebutkan jika SBY tidak sepakat dengan penggunaan frasa ‘putihkan GBK’ karena mengasosiasikan penganut agama tertentu saja.

Muat Lebih

Hal ini sesuai dengan pesan SBY, kepada Hinca, Wakil Ketua Umum Syarief Hassan, dan Ketua Dewan Kehormatan Amir Syamsuddin. Dalam surat, SBY meminta agar mempertimbangkan kembali konsep acara kampanye akbar di Gelora Bung Karno.

Hinca menekankan bahwa simbol putih hanya mengasosiasikan kelompok penganut agama tertentu saja. Sementara kampanye akbar calon pemimpin negara mesti merangkul semua kalangan.

Setelah SBY memberi pesan tersebut, Hinca mengaku langsung menyampaikan kepada Prabowo dan Badan Pemenangan Nasional. Pesan SBY diakomodir, yakni dengan menghadirkan sejumlah tokoh agama selain Islam pada kampanye akbar di GBK, Minggu kemarin (7/4).

Hinca berharap ke depannya tema kampanye tidak lagi mengasosiasikan kelompok tertentu. Menurutnya, Demokrat memiliki beban moral untuk mencegah itu terjadi lantaran memiliki landasan nasionalis religius.

“Jangan putih saja. Birunya juga banyak di situ. Ada birunya Demokrat dan kawan kawan yang lain,” kata Hinca.

Contributor: Mantapps

Pos terkait