Jangan Campur Wacana Kepulangan Habib Rizieq dan Politik

  • Whatsapp
Jangan Campur Wacana Kepulangan Habib Rizieq dan Politik
Jangan Campur Wacana Kepulangan Habib Rizieq Dan Politik

Kediri – Wacana mengenai kepulangan Habib Rizieq Syihab ke Indonesia tengah diperbincangkan para politikus. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengimbau kepada masyarakat agar wacana kepulangan Rizieq tidak dihubungkan dengan politik saat ini.

Hal tersebut diutarakan oleh Mahfud saat berkunjung ke Universitas Islam Kediri, Minggu, (14/7/2019). Dia menilai Rizieq masih tercatat sebagai warga negara Indonesia serta memiliki hak untuk pulang ke tanah air.

Muat Lebih

Loading...

“Habib Rizieq itu warga negara, yang punya hak pulang. Tetapi itu jangan dicampur baur dengan politik,” kata Mahfud usai mengikuti Seminar Nasional bertema Quo Vadis Demokrasi Pasca Pemilu 2019 Tinjuan Filsofis Sosiologis dan Yuridis di Universitas Islam Kadiri.

Ada atau tidaknya rekonsiliasi politik pasca-Pilpres, Rizieq tetap memiliki hak untuk pulang. Pemerintah Indonesia sudah mempersilakan Habib Rizieq jika ingin kembali ke Indonesia.

“Pemerintah menyatakan ya pulang aja, wong dia dulu pergi bukan karena diusir oleh pemerintah, pergi sendiri,” kata anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini.

Berdasarkan Konstitusi, setiap warga negara mempunyai hak untuk memilih tempat tinggal. Jika Habib Rizieq ingin pulang dan bertempat tinggal di Indonesia harus dilindungi haknya. Namun, apabila masih memiliki persoalan hukum, harus tetap dipertanggung jawabkan.

“Saya kira Habib Rizieq sudah tidak punya masalah, saya tidak tahu tetapi kalau punya masalah hukum tetap harus dipertanggung jawabkan di depan hukum,” tuturnya.

Sebelumnya, Mahfud MD hari ini melakukan serangkaian kunjungan silaturahim di Kediri. Mulai dari kuliah kebangsaan di Ponpes Lirboyo Kediri dan Seminar Nasional Universitas Islam Kediri.

(dnu/dnu)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait