GARBI, Gerakan Ini Akan Bermetamorfosis Menjadi Partai Politik

  • Whatsapp
GARBI, Gerakan Ini Akan Bermetamorfosis Menjadi Partai Politik
Garbi, Gerakan Ini Akan Bermetamorfosis Menjadi Partai Politik

AKTAINDONESIA.COM, JAKARTA – Gerakan Arah Baru Indonesia(GARBI) merupakan gerakan yang lahir dalam masa kondisi politik menjadi objek hangat dalam pembicaraan.

Beberapa orang politisi-politisi kawakan menginisiasi lahirnya gerakan ini, meskipun menghimpun kebanyakan kaum muda, gerakan ini sudah menunjukkan tanda-tanda fase baru, yakninya bermetamorfosa menjadi gerakan politik bahkan menjadi partai politik.

Muat Lebih

Loading...

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mempersilakan jika ormas Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) akan menjadi partai politik. Tapi dia mengingatkan bahwa mendirikan sebuah parpol itu bukan hal yang mudah.

“Responsnya PKS tentu yang paling tepat Pak Sohibul Iman yang jawab. Tapi kalau saya pribadi, monggo saja. Wong negara demokrasi ini boleh siapa saja. Di PKS itu keluar gampang, masuk susah, karena ikut kaderisasi dulu. Kalau mau bikin partai, welcome to the jungle,” kata Mardani di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera

“Tapi pesannya, bikin partai itu berat, kami aja dah,” imbuh Mardani sembari tertawa.

Jika nantinya Garbi akan menjadi parpol, kata Mardani, PKS tak akan menganggapnya sebagai saingan. Mardani pun mengaku sudah mengetahui rencana Garbi menjadi partai politik saat berada dalam satu acara bersama inisiatornya, Fahri Hamzah.

Menurut Mardani, PKS tak khawatir jika Garbi mengambil ceruk konstituen yang sama dengan partai yang diketuai Sohibul Iman tersebut. Namun, jika Garbi ingin mengambil pengurus di daerah, Mardani menegaskan PKS memiliki mekanisme pertahanan diri.

“Ceruk kita ini, kan kami ceruk religius ya, ada ceruk nasionalis, nggak ada yang aman semuanya. Yang nasionalis bisa ambil yang religius, yang religius bisa ambil yang nasionalis, tawaran apa yang diberikan. Makanya balik lagi, kami oposisi. Karena kami oposisi, kita sendiri oposisi, karena ceruk kita mau besar,” jelasnya.

“Kalau mereka mau buat (partai) monggo, tapi kalau mau mengambil (pengurus) punya PKS, PKS punya mekanisme pertahanan diri. Yang lain saja,” tegas Mardani.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR yang juga inisiator Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi), Fahri Hamzah, menyatakan Garbi akan menjadi partai politik. Namun Fahri belum menjelaskan kapan tepatnya formalisasi Garbi menjadi parpol.

“Ya memang setelah lebih dari setahun ke seluruh Indonesia, kami mendapatkan aspirasi yang kuat dari teman-teman, ada gerakan pemikiran yang telah dimulai oleh Garbi di seluruh Indonesia itu bisa kita teruskan menjadi sebuah gerakan politik berbentuk sebuah partai politik yang memecah kebekuan yang sekarang muncul di tengah-tengah masyarakat kita,” ujar Fahri kepada wartawan, Kamis (11/7).

“Dan akhirnya disepakatilah dalam pembicaraan-pembicaraan belum kita formalkan, sehingga tinggal menunggu waktu kapan kita melakukan formalisasi pembentukan partai politik,” imbuhnya.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait