Diduga Ada Money Politik, 4 Calon Pangulu ini Minta Pilpanag Bandar Selamat Diulang

  • Whatsapp
Diduga Ada Money Politik, 4 Calon Pangulu ini Minta Pilpanag Bandar Selamat Diulang
Diduga Ada Money Politik, 4 Calon Pangulu Ini Minta Pilpanag Bandar Selamat Diulang

Empat calon Kepala Desa yang meminta Pilpanag Bandar Selamat diulang. (irfan/LN)

Simalungun, Lintangnews.com | Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) yang dilaksanakan, pada Rabu (12/06/19) kemarin, telah selesai.

Muat Lebih

Loading...

Namun, dari puluhan desa yang melakukan pilpanag, ada 1 desa yang meminta supaya pemilihan diulang kembali karena terindikasi terjadi kecurangan untuk memperoleh suara.

Nagori Bandar Selamat salah satu desa yang meminta supaya pemilihan pangulu diulang karena salah satu calon, yakni petahana, diduga melakukan kecurangan.

Kecurangan yang dilakukan petahana adalah dengan memberikan sejumlah uang kepada warga agar memilih dirinya menjadi pangulu.

“Kita sudah tanyai warga. Dan, ada beberapa warga yang mengakui bahwa telah menerima uang dari calon nomor urut 5,” jelas Saiful Bahri salah satu calon Pangulu, Jumat (14/6/19)

Bahri menyampaikan bahwa warga yang menerima suap dari salah satu calon tersebut sudah memberikan surat pernyataan.

“Ini akan menjadi bukti bahwa adanya kecurangan, karena sebelumnya kami (para calon pangulu) sudah membuat surat pernyataan tidak ada money politic (politik uang) dalam pemilihan ini,” ucapnya.

Namun,disisi lain Ampriadi salah satu calon menyebutkan dirinya tidak menerima kekalahan mereka bila tidak ada kecurangan dalam pelaksanaan Pilpanag.

“Kami bisa terima siapapun pemenangnya, kami ikhlas. Tapi dengan adanya kecurangan ini sama saja menodai pesta demokrasi. Padahal kita sudah ada komitmen untuk tidak ada berbuat curang apalagi pakai uang untuk merebut suara,” kata Ampriadi calon pangulu lainnya.

Mereka berharap agar panitia pelaksanaan Pilpanag lebih bijaksana dan mendiskualifikasi calon yang sudah berbuat curang sesuai dengan peraturan yang ada.

“Kami berharap pemilihan pangulu di Nagori Bandar Selamat, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun ini dapat diulang dan tidak mengikutsertakan calon yang sudah berbuat curang,” lanjutnya.

Mengenai permasalahan ini, 4 calon lainnya sepakat untuk melaporkan hal ini ke panitia pusat Pilpanag.

“Besok kita akan sampaikan laporan kita berserta bukti yang sudah kami kumpulkan ke panitia pusat tingkat kabupaten. Dan juga kepada Bupati Simalungun,” katanya diamini para calon lainnya. (Irfan)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait