Bupati Madina Dikabarkan Ingin Mundur karena Pilpres, Ini Kata Mendagri

  • Whatsapp

Mantapps.com – Dikabarkan Bupati Mandailing Natal Sumatera Utara Dahlan Hasan Nasution mengundurkan diri dari jabatannya karena capres petahana Joko Widodo (Jokowi) kalah di dalam hasil hitung cepat di wilayahnya.

Dikutip Mantapps dari detik, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan memanggil Dahlan. Ia menilai ada yang tidak wajar dalam pengunduran diri itu, yakni alasannya. Seorang Bupati menjabat karena mengemban amanat rakyat setempat, namun Dahlan mundur bukan karena rakyat hendak mencabut amanat itu, melainkan karena Jokowi kalah di hitung cepat wilayahnya.

Muat Lebih

Loading...

“Tapi alasan mundur ini tidak lazim, sehingga akan mencederai amanat masyarakat yang telah memilih yang bersangkutan secara langsung karena masa jabatan akan berakhir pada Juni 2021,” ungkap Tjahjo.

Tujuan suratnya juga salah. Seharusnya, surat pengunduran diri ditujukan ke DPRD Mandailing Natal, bukan ke Presiden Jokowi dan Mendagri Tjahjo. Undang-Undang Pemerintahan Daerah sudah mengatur mekanisme pengunduran diri secara formal, yakni surat diserahkan ke DPRD untuk diteruskan ke rapat paripurna.

Contributor: Mantapps

Loading...

Pos terkait