Bawaslu Resmikan Gugatan BPN Soal Situng KPU

  • Whatsapp

Mantapps.com – Setelah berbagai proses, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) akhirnya resmi menerima dan memproses laporan Badan Pemenangan Nasional (BPN) terkait sistem informasi penghitungan atau Situng KPU.

Hal tersebut diputuskan dalam Sidang adjudikasi dugaan pelanggaran administratif pelanggaran pemilu di kantor Bawaslu, Jakarta, Senin (6/5).

Muat Lebih

Seperti yang diketahui, BPN mengajukan laporan kepada Bawaslu lantaran menganggap KPU tidak berkewajiban menayangkan Situng suara Pilpres 2019 karena dinilai meresahkan masyarakat.

Sidang lalu dilanjutkan dengan pembacaan gugatan serta petitum oleh pelapor, yakni BPN. Maulana Bungaran, selaku kuasa hukum BPN, menyatakan bahwa KPU melakukan pelanggaran administratif pemilu dengan menayangkan Situng.

Menurut Maulana, KPU tidak berwenang melakukan itu karena tidak ada peraturan yang melandasinya. Maulana selaku pelapor kemudian memerintahkan KPU agar menghentikan publikasi Situng dan cukup menghitung perolehan suara pilpres secara manual yang berjenjang dari tingkat TPS hingga nasional.

Maulana kembali menegaskan bahwa KPU memang tidak memiliki landasan hukum yang kuat untuk menayangkan penghitungan suara melalui situng. Dia mengatakan bahwa KPU hanya berwenang memindai scan C1.

Contributor: Mantapps

Pos terkait