Banyak Anggota KPPS Meninggal Kelelahan Saat Maupun Setelah Menjalankan Tugas

  • Whatsapp

Mantapps.com – Miris, sejumlah anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga anggota Polri yang bertugas untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu banyak yang meninggal dunia usai maupun setelah penyelenggaraan tugas.

Di Jawa Barat misalnya, setidaknya hingga Jumat (19/4) siang ada 10 petugas KPPS yang meninggal saat maupun setelah menjalankan tugas. Sebagian besar mereka meninggal karena serangan jantung atau kelelahan.

Muat Lebih

Loading...

Hampir semuanya ada serangan jantung karena faktor kelelahan. Ada juga meninggal setelah menerima laporan surat suara kurang ini mungkin stres (jadi beban pikiran).

Jumlah itu bertambah karena pada sore harinya Ketua KPPS di TPS 1 Cipandak, Kertajadi, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Somantri (51) dikabarkan meninggal dunia. Somantri sempat disebut merasakan sakit dada pada tengah malam usai penghitungan suara, Rabu (17/4).

Masih di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Bogor, ada 2 ketua KPPS Pemilu 2019 yang meninggal diduga akibat kelelahan. Selain itu, empat ketua KPPS lainnya pingsan.

Di Jawa Timur, hingga Sabtu (20/4) sore, ada 9 petugas yang meninggal dunia saat bertugas. Mereka adalah 5 petugas KPPS, 2 petugas PPS, 1 petugas linmas, dan 1 petugas pembantu KPU. Mereka meninggal karena faktor kelelahan dan mengidap penyakit sebelumnya.

Kemudian, di Jawa Tengah, hingga Sabtu (20/4) sore, ada 8 KPPS dan petugas TPS yang meninggal usai kerja keras dalam masa pemilu.

Selanjutnya Komisioner KPU Jateng, Paulus Widiyantoro 8 orang meninggal tersebut berada di Kabupaten Demak, Banyumas, Sukoharjo, Banjarnegara, dan Rembang.

Contributor: Mantapps

Loading...

Pos terkait