Sejarah dan Cerita Unik di Balik Julukan 8 Klub Besar Liga Inggris

  • Whatsapp
Sejarah dan Cerita Unik di Balik Julukan 8 Klub Besar Liga Inggris
Sejarah Dan Cerita Unik Di Balik Julukan 8 Klub Besar Liga Inggris

INDOSPORT.COM – Liga Inggris terus dikenal sebagai salah satu liga terbaik di Eropa dan dunia. Di planet bumi, tersebar dalam jumlah besar fans-fans sepak bola yang mengidolai klub-klub di Inggris macam Manchester United, Liverpool, Chelsea, dan lainnya. 

Selain menawarkan permainan yang dinamis, Liga Inggris juga kerap menampilkan kejutan-kejutan di tiap pekannya.

Muat Lebih

Keseruan ini pun semakin ditambah dengan berlomba kebesaran masing-masing klub, mulai dari chant-chant, warna jersey, sampai julukan klub.

Ya, seperti klub-klub lain di dunia, tim-tim di Inggris juga kaya akan julukan. Namun, walau Anda sering mendengar nama-nama julukan seperti The Gunners atau The Magpies, belum tentu Anda tahu arti dan asal usulnya.

Untuk itu, berikut ini kami ulas sejarah dan cerita unik di balik julukkan 8 klub besar Liga Inggris.

1. Everton

© Jan Kruger / Getty Images

Meraih 9 gelar liga dan 5 Piala FA membuat Everton jadi salah satu tim penting di Inggris. Apalagi mereka juga terkenal dengan Derby Merseyside melawan rival abadi, Liverpool.

Sebagai klub sepak bola, Everton memiliki sejarah panjang terhadap asal-usul julukan The Toffees. Konon katanya, nama Toffees merujuk pada sebuah toko toffee terkenal di Liverpool.

Toko itu bernama Ye Ancient Everton Toffee House yang dikelola oleh Old Ma Bushell. Toko itu terletak di dekat Prince Rupert’s Tower dan eksis selama 100 tahun lamanya.

Pucuk Prince Rupert’s Tower sendiri digunakan sebagai bagian di lambang klub Everton hingga kini.

2. Liverpool

© Michael Regan/Getty Images

Selebrasi yoga Mohamed Salah usai cetak gol ke gawang Chelsea, Minggu (14/04/19), di Anfield. Copyright: Michael Regan/Getty ImagesSelebrasi yoga Mohamed Salah usai cetak gol ke gawang Chelsea, Minggu (14/04/19), di Anfield.

Liverpool secara luas dikenal dengan julukan The Reds. The Reds bisa dibilang satu-satunya julukan yang melekat pada Liverpool.

Ada alasan mengapa klub kedua tersukses di Inggris itu dijuluki The Reds. Pertama adalah warna kostumnya yang adalah merah.

Kemudian, bukan sekedar warna jersey saja, warna merah dipilih lantaran warna tersebut dianggap dapat mengintimidasi lawan.

3. Manchester United

© Gareth Copley/Getty Images

Selebrasi para pemain Manchester United usai gol Paul Pogba. Copyright: Gareth Copley/Getty ImagesSelebrasi para pemain Manchester United usai gol Paul Pogba.

Tak banyak yang tahu kalau klub Manchester United pada awalnya berdiri (tahun 1878) dengan nama Newton Heath. Ketika masih bernama Newton Heath, mereka dijuluki The Heathens dengan warna kebesaran hijau-emas sebagai warna klub.

Namun, pada 1902, manajemen saat itu sepakat mengubah nama menjadi Manchester United dan merubah warna kebesaran menjadi merah. Walau telah berdekade-dekade menggunakan nama Manchester United, baru pada tahun 1960-an julukan The Red Devils benar-benar melekat pada Man United.

Nama The Red Devils terinspirasi dari julukkan klub rugby asal Salford, ‘Les Diables Rouges’. Adalah Sir Matt Busby (pelatih legendaris Man United) yang mengadopsi nama The Red Devils sebagai julukan Man United.

4. Chelsea

© OZAN KOSE/AFP/Getty Images

Para pemain Chelsea melakukan selebrasi bersama trofi Liga Europa usai kalahkan Arsenal, 29/05/19. OZAN KOSE/AFP/Getty Images Copyright: OZAN KOSE/AFP/Getty ImagesPara pemain Chelsea melakukan selebrasi bersama trofi Liga Europa usai kalahkan Arsenal, 29/05/19. OZAN KOSE/AFP/Getty Images

Chelsea saat ini memiliki julukkan The Blues atau Si Biru. Julukkan ini diambil dari warna jersey mereka. Namun, tahukah Anda, julukan asli klub Chelsea sejatinya adalah The Pensioners.

Nama julukan ini diabadikan dalam bentuk gambar logo pertama Chelsea tahun 1905 yang merujuk pada Rumah Sakit Royal Chelsea. Sebuah RS tempat para veteran (pensiunan) perang tinggal.

Baru pada 1950 logo Pensioners ini digantikan dengan Singa hingga saat ini. Gambar singa sendiri dipilih sebagai lambang kehidupan Kota London.

Singa di logo Chelsea terinspirasi dari gambar yang berada di baju tentara metropolitan Borough fo Chelsea.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait