Profil Tim Sepak Bola Cikeas Junior Bentukan SBY dan Ani Yudhoyono

  • Whatsapp
Profil Tim Sepak Bola Cikeas Junior Bentukan SBY dan Ani Yudhoyono
Profil Tim Sepak Bola Cikeas Junior Bentukan Sby Dan Ani Yudhoyono

SSB Cikeas Junior juara kompetisi sepak bola antara SSB Se-Jabodetabek pada 2012 lalu.

INDOSPORT.COM – Berita duka datang dari keluarga mantan Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Sang istri tercinta, Ani Yudhoyono telah berpulang ke sang pencipta pada Sabtu (01/06/19) kemarin.

Muat Lebih

Loading...

Ani Yudhoyono meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit kanker darah, dan sempat menjalani perawatan di National University Hospital, Singapura selama kurang lebih tiga bulan terakhir.

Semasa hidupnya, ibu dari dua orang anak itu (Agus Harimurti dan Edhie Baskoro) dikenal cukup flamboyan, serta sangat mencintai olahraga selain dunia fotografi yang menjadi hobinya.

Hal itu bisa dilihat keseriusan Ani Yudhoyono untuk membantu pengembangan dunia sepak bola Indonesia, dengan mendirikan sekolah sepak bola (SSB) Cikeas Junior.

Profil Singkat Cikeas Junior

SSB Cikeas Junior lahir bermula dari kegiatan Ani Yudhoyono bermain sepak bola bersama anak-anak di sekitar Cikeas, pada awal tahun 2009 lalu, dan kemudian diurus oleh keluarga besar Yudhoyono.

“Waktu itu tahun 2009 ketika mau pulang ke rumahnya di Cikeas Mansion atau Puri Cikeas, ibu Ani Yudhoyono melihat anak-anak bermain bola di jalanan. Lalu ia menghubungi kader untuk membentuk SSB Cikeas Junior,” tutur Hanafi, mantan Ketua Fraksi Demokrat  DPRD Kabupaten Bogor kepada wartawan, Sabtu (01/06/19).

Dalam perjalanannya, Cikeas Junior beberapa kali mengikuti turnamen. Namun baru pada tahun 2012, mereka berhasil menorehkan prestasi.

Cikeas Junior menjadi juara pada Kejuaraan Festival SSB Jabodetabek, yang digelar oleh SSB Tunas Porcis, Bogor. Di partai final, mereka mengalahkan SSB Gelora Muda dengan skor 1-0. 

“Ini adalah hari yang sangat spesial buat klub Cikeas Junior, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pemain,pelatih dan orang tua siswa atas kerjasamanya,” kata salah satu pengurus, Junaedi Galina.

Tak hanya turnamen, klub Cikeas Junior juga rupanya mengikuti kompetisi bersifat penuh untuk level junior yakni Liga Topskor tahun 2012 lalu.

Di luar dugaan Cikeas Junior tampil cukup baik. Salah satu pertandingan yang berkesan adalah ketika menahan imbang 2-2 tim sekelas Villa 2000, dalam laga lanjutan Liga Topskor di Lapangan Arhanudri, Tangsel, pada Sabtu (21/04/12).

Seperti diketahui, Villa 2000 merupakan sebuah tim sekolah sepak bola ternama di Indonesia, khususnya Jakarta. Dari tempatnya, kerap lahir beberapa bintang sepak bola Tanah Air seperti Ryuji Utomo (Persija), Rezaldi Hehanusa (Persija), dan Gavin Kwan Adsit (Barito Putera).

Harapan Dibentuknya SSB Cikeas Junior

Ibu Ani Yudhoyono sendiri bukan tanpa alasan membentuk tim SSB Cikeas Junior. Wanita yang tutup usia di umur 67 tahun itu menaruh harapan besar di sekolah sepak bola bentukannya itu.

Almarhumah berharap jika suatu saat nanti akan ada pemain bintang, yang lahir dari Cikeas Junior dan menjadi andalan di Timnas Indonesia.

“Ibu ingin suatu saat nanti ada pemain tim nasional sepakbola Indonesia dari binaan SSB Cikeas Junior, kepada pemain ibu berpesan agar bisa berprestasi baik di jalur pendidikan maupun ekstra kulikuler,” jelas Hanafi.

Hal serupan juga disampaikan oleh putra kedua dari pasangan SBY-Ani Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono atau biasa disebut Ibas.

“Kami mendukung penuh adik-adik kami yang tergabung dalam Cikeas Junior Football Club untuk mengukir prestasi pada ajang-ajang sepak bola bergengsi.”

Harapannya, mereka bisa menjadi pemain nasional bahkan internasional  untuk mengharumkan nama baik Indonesia. Untuk itu, dukungan perlu kita berikan agar mereka terus disiplin untuk berprestasi,” kata Ibas tahun 2015 lalu.

Keluarganya Ingin Ada yang Jadi Pesepakbola

Hobi dan kecintaan Ibu Ani Yudhoyono terhadap sepak bola bukan hanya ditunjukan lewat pembentukan SSB Cikeas Junior, melainkan juga ingin salah satu di anggota keluarga Yodhoyono ada yang menjadi pesepakbola profesional.

Harapan itu disematkannya kepada sang cucu, sekaligus anak laki-laki dari pasangan Edhie Baskoro-Aliya Baskoro, yaitu Airlangga Satriadhi Yudhoyono pada tahun 2015 lalu.

Adapun prestasi lain yang berhasil direbut oleh tim Cikeas Junior rintisan Ani Yudhoyono bersama SBY, adalah menjuarai turnamen U-18 Serumpun Cup 2014 yang dilenggarakan di Lapangan Sutasoma, Jakarta Timur, dan meraih penghargaan tim fair play di Liga TopSkor 2012. 

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait