Jadi Pencetak Gol Termuda di ISL, Ternyata Curi Umur 12 Tahun

  • Whatsapp
Jadi Pencetak Gol Termuda di ISL, Ternyata Curi Umur 12 Tahun
Jadi Pencetak Gol Termuda Di Isl, Ternyata Curi Umur 12 Tahun

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaPelatih Jamshedpur FC, Cesar Fernando, tengah memberi pengarahan kepada Gourav Mukhi. FCJAMSHEDPUR.com

Muat Lebih

Nasib nahas dialami seorang pemain Indian Super League (ISL), Gourav Mukhi. Hanya dalam dua bulan, pencetak gol termuda Liga India itu mengalami nasib bertolak belakang karena pemalsuan umur.

Pada 7 Oktober 2018, sebuah rekor tercipta di ISL 2018. Penyerang Jamshedpur FC, Gourav Mukhi, diklaim sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah Liga India, yakni 16 tahun, saat mencetak gol ke gawang Bengaluru FC.

“Saya senang berhasil mencetak gol. Saya ingin membuat orang-orang di Jamshedpur bangga,” kata Mukhi di situs web resmi klub, 8 Oktober 2018. 

Laga Liga Super India itu berakhir dengan skor 2-2. Namun, Mukhi mendapat apresiasi dari rekan-rekannya karena memecahkan rekor, termasuk dari legenda hidup Australia, Tim Cahill.

“Ini adalah momen terbaik dalam hidupmu,” kata Cahill saat itu, seperti dikutip dari situs web The Sun, 17 Desember 2018.

Akan tetapi, hanya dalam dua bulan, nasib Mukhi langsung berbanding terbalik.

Gourav Mukhi diskors oleh Federasi Sepak Bola India (AIFF) karena ketahuan melakukan pemalsuan umur, tidak tanggung-tanggung 12 tahun! Dengan kata lain, usianya saat mencetak gol adalah 28 tahun.

“Komisi Disiplin AIFF menskors pemain Jamshedpur FC, Gourav Mukhi, enam bulan larangan bertanding dan berlaku saat ini juga,” demikian tulis keterangan resmi AIFF.

AIFF memiliki bukti bahwa Mukhi melakukan pemalsuan umur. Hal itu didapat dari pernyataan pelatih akademi U-16 AIFF pada 2015 yang mengakui bahwa Mukhi pernah menjadi bagian dari pelatihan tersebut.

Dengan asumsi saat menjadi bagian dari Akademi U-16 AIFF saja sudah akan berusia 16 tahun, umur Mukhi saat ini setidaknya sudah 18 tahun.

Akan tetapi, bukti lain adalah profil Facebook sang pemain. Di status, dia menulis lahir pada 5 April 1999 alias sudah 29 tahun.

The Telegraph India pada September lalu sebenarnya sudah menulis profil Gourav Mukhi. Saat timnya menjalani pemusatan latihan di Spanyol, usia Mukhi ditulis sudah menginjak 28 tahun.

Anehnya, satu bulan berselang, Mukhi tetap sempat diklaim sebagai pencetak gol termuda di Liga India. Padahal, setelah dia membukukan rekor tersebut, warganet di India sudah ramai meragukan statusnya itu.

Editor: Jalu Wisnu Wirajati

Copyright Kompas.com

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait