Final Ketiga Klopp di Liga Champions, Sanggup Lepas dari Kutukan? : Okezone Bola

  • Whatsapp
Dortmund

LIVERPOOL – Semenjak berprofesi sebagai pelatih klub profesional pada 2001, Jurgen Klopp sudah dua kali (belum termasuk musim ini) merasakan manisnya tiba di partai puncak Liga Champions. Pelatih asal Jerman itu melakukannya bersama dua klub berbeda, yakni Borussia Dortmund (2012-2013/Jerman) dan Liverpool (2017-2018/Inggris).

Di kedua musim tersebut, Die Borussen –julukan Dortmund– dan Liverpool tampil gahar sejak fase grup. Saat itu Dortmund finis sebagai juara Grup D mengungguli Real Madrid, sedangkan Liverpool menjadi yang terbaik di Grup E, tepat di atas Sevilla.

Dortmund

(Dortmund menang 4-1 atas Madrid di leg I semifinal Liga Champions 2012-2013)

Dominasi itu dilanjutkan di fase gugur hingga akhirnya Dortmund lolos ke final setelah menang agregat 4-3 atas Madrid di semifinal. Kemudian Liverpool, mentas di partai puncak setelah mengalahkan AS Roma dengan agregat 7-6 di semifinal.

BACA JUGA: Potensi All English Final di Liga Champions 2018-2019

Sayangnya, baik Dortmund dan Liverpool gagal menjadi yang terbaik setelah dikalahkan lawan-lawannya saat itu di final. Dortmund ditumbangkan Bayern Munich 1-2, sedangkan Liverpool dihajar Real Madrid 1-3. Musim ini atau 2018-2019, Klopp untuk ketiga kalinya membawa tim asuhannya lolos ke final Liga Champions.

Liverpool

(Liverpool saat kalah dari Madrid di final 2017-2018)

Kepastian itu didapat setelah The Reds –julukan Liverpool– unggul agregat 4-3 atas Barcelona di semifinal. Sekarang yang jadi pertanyaan, sanggupkah Klopp menghapus kutukan dan meraih trofi Liga Champions pertamanya? Melihat ambisi besar yang dimiliki Klopp, peluang itu sangat besar.

Dipastikan, Klopp sudah jengah dengan penyematan spesialis runner-up yang menimpa dirinya. Sebelumnya, di kompetisi antarklub Eropa lainnya (Liga Eropa), Liverpool racikan Klopp dikalahkan Sevilla 1-3 di final edisi 2015-2016.

Sekarang fokus Klopp ialah menyiapkan Liverpool untuk menyongsong dua laga sisa mereka musim ini, yakni pekan 38 Liga Inggris kontra Wolverhampton Wanderers dan final Liga Champions 2018-2019 pada Minggu 2 Juni 2019 dini hari WIB. Siapa lawan Liverpool di final masih menunggu pemenang semifinal lain yang mempertemukan Tottenham Hotspur vs Ajax Amsterdam.

(Ram)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Pos terkait