9 Tim Inggris Bisa ke Liga Champions dan Liga Europa Berkat Skema Ini

  • Whatsapp
Pemain Manchester City merayakan kemenangan sebagai juara Piala Liga Inggris Copyright: INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Liga Primer Inggris menjadi primadona di Eropa musim ini usai menempatkan 4 wakilnya di final Liga Champions dan Liga Europa yang membuat tercetuslah istilah All English Final.

Kepastian itu didapat setelah Tottenham Hotspur dan Liverpool akan bertarung di final Liga Champions yang akan diselenggarakan di Wanda Metropolitano, Madrid.

Sedangkan Chelsea dan Arsenal akan saling baku hantam di final Liga Europa di Baku, Azerbaizan.

Keberhasilan keempat tim Inggris itu seakan menjadi deklarasi kemerdekaan setelah dalam beberapa tahun terakhir, kompetisi Eropa dikuasai oleh klub-klub asal LaLiga Spanyol seperti Barcelona, Sevilla, Real Madrid, dan Atletico Madrid.

Namun keberhasilan keempat tim Inggris itu ternyata mengundang masalah baru.

Fenomena All English Final membuat pemenang dari ajang kompetisi Eropa (Liga Champions dan Liga Europa) pasti berasal dari Inggris. Sehingga itu akan menimbulkan masalah baru berupa bakal ada 9 tim Inggris yang akan bermain di kompetisi Eropa.

Berikut INDOSPORT mencoba untuk menjelaskan skema kemungkinan bakal ada 9 tim yang bermain di kompetisi Eropa secara ringkas dan jelas.

Siapa yang Akan Lolos ke Kompetisi Eropa Secara Normal

Sebelum berpusing ria memikirkan bagaimana bisa ada 9 tim dalam satu Negara yang berhak main di kompetisi Eropa, ada baiknya untuk mengetahui siapa yang akan lolos ke Liga Champions dan Liga Europa secara normal.

Normalnya, jatah untuk Liga Champions akan diberikan kepada tim berperingkat pertama hingga keempat. Sedangkan untuk pembagian jatah tiket Liga Europa akan diberikan kepada tim peringkat kelima, pemenang Piala FA, dan Piala Liga Inggris.

© INDOSPORT

Pemain Manchester City merayakan kemenangan sebagai juara Piala Liga Inggris

Susunan untuk tim yang lolos ke Liga Europa bisa berubah jika pemenang Piala FA dan Piala Liga Inggris sudah mendapatkan tiket kompetisi Eropa musim depan melalui jalur domestik.

Sekadar info, jalur domestik adalah jatah tim ke Eropa berdasarkan peringkat di Liga.

Kembali ke situasi juara Piala FA dan Piala Liga sudah mendapat tiket ke Eropa melalui jalur domestik, maka tim di peringkat keenam dan ketujuh yang akan kedapatan durian runtuh untuk bermain di Liga Europa.

Itu tadi adalah skema pembagian tiket ke kompetisi Eropa secara normal, lantas apa yang terjadi bila ada situasi-situasi khusus?

Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Pos terkait