10 Peraturan yang Mengubah Sejarah Sepak Bola

  • Whatsapp
10 Peraturan yang Mengubah Sejarah Sepak Bola

© MARCO BERTORELLO/GettyImages
FBL-ITA-SERIEA-TORINO-JUVENTUS

Muat Lebih

Loading...

​Sepak bola dunia terus berevolusi tiap tahunnya. FIFA, selaku Federasi Sepak Bola Dunia, mencoba untuk terus mengembangkan sepak bola dengan menerapkan aturan-aturan baru atau pembaharuan dari regulasi yang sudah ada.

Beberapa waktu lalu FIFA kembali menerapkan aturan yang mengubah sejarah sepak bola untuk masa depan. Tentu saja bukan perubahan total, melainkan pembaharuan di beberapa regulasi yang sudah ada. Berikut penjabarannya.

1. Offside

Dan Cook© Mike Hewitt/GettyImages
Dan Cook

Aturan dasar dalam sepak bola. Offside berlaku jika ada pemain lawan, kala menerima bola, sudah di belakang garis pertahanan lawan. Tapi kali ini berbeda. Penyerang baru akan dinyatakan offside jika berada di dua pemain atau lebih.

2. Pengenalan Kartu

Sergio Ramos© Francois Nel/GettyImages
Sergio Ramos

Kartu kuning atau merah mulai diberikan wasit kepada pemain pada Piala Dunia 1970. Semenjak saat itu wasit terus menggunakannya untuk memeringati pemain kala melakukan pelanggaran menjurus kasar. Kuning sebagai tanda peringatan dan merah untuk mengusir pemain dari pertandingan.

3. Oper Bola kepada Kiper

Steve Watson, Paul Gerrard© Laurence Griffiths/GettyImages
Steve Watson, Paul Gerrard

Mulai diimplementasikan pada 1992, sepanjang Piala Dunia 1990, banyak tim-tim yang membuang waktu dan memberikan bola kepada kiper agar bisa menangkapnya. Cara itu efektif untuk mengatasi tekanan – sebelum adanya aturan back-pass: kiper tidak boleh menangkap bola dengan tangannya dalam kondisi tersebut.

4. Aturan Bosman

FBL-EUR-C1-MAN UTD-BARCELONA© OLI SCARFF/GettyImages
FBL-EUR-C1-MAN UTD-BARCELONA

Peraturan ini merevolusi sepak bola di Eropa. Pemain-pemain yang kontraknya akan berakhir dengan klubnya dapat melakukan negosiasi dengan klub lain, apabila mereka sudah memasuki enam bulan terakhir kontrak dan klub tak memperpanjangnya.

5. Pergantian Pemain

Pierre-Emerick Aubameyang,Alex Iwobi© Catherine Ivill/GettyImages
Pierre-Emerick Aubameyang,Alex Iwobi

Percaya atau tidak, dahulu kala tidak ada pergantian pemain. Jadi, jika ada pemain cedera, maka dia punya dua pilihan: tetap berada di lapangan pertandingan atau meninggalkannya. Aturan pergantian pemain baru ada pada medio 1970-an.

6. Pergantian Pemain Keempat

FBL-ENG-FACUP-CHELSEA-MAN UTD© IAN KINGTON/GettyImages
FBL-ENG-FACUP-CHELSEA-MAN UTD

Aturan ini terbilang baru dan diterapkan di beberapa turnamen sepak bola Eropa. Biasanya, pergantian pemain keempat – dari normalnya tiga pemain – baru bisa dilakukan di babak tambahan. Aturan ditetapkan untuk mengganti pemain yang sudah keletihan setelah menjalani pertandingan selama 90 menit.

7. Golden Goal (Gol Emas)

Konstantinos Laifis,Uche Agbo,Klaas-Jan Huntelaar© Dean Mouhtaropoulos/GettyImages
Konstantinos Laifis,Uche Agbo,Klaas-Jan Huntelaar

Regulasi ini pernah diberlakukan di sepak bola dunia pada masa lalu. Tim mana pun yang mencetak gol di babak tambahan, setelah di waktu normal berakhir imbang, mereka akan memenangi pertandingan. Aturan itu tak lagi diberlakukan karena terkesan tidak adil untuk pihak yang kalah – tidak diberi kesempatan mengejar ketertinggalan.

8. Trik Penalti

Luis Suarez© David Ramos/GettyImages
Luis Suarez

Dahulu kala penalti langsung dilakukan tanpa tedeng aling-aling oleh kiper dan eksekutor penalti – direct. Kini, baik kiper atau pemain bisa melakukan trik untuk mengganggu konsentrasi atau psikologi lawannya.

9. Teknologi Hawkeye

DFB And DFL To Present Hawk Eye For DFB Cup Final© Boris Streubel/GettyImages
DFB And DFL To Present Hawk Eye For DFB Cup Final

Selamat datang di era sepak bola modern. Tidak ada lagi gol hantu atau protes berlebih dengan gol yang tidak meyakinkan. Pasalnya, kini ada teknologi hawkeye (bukan pahlawan Marvel buatan Stan Lee) yang memudahkan kinerja wasit.

Kala bola sudah melewati garis gawang, maka tanda di jam tangan yang dikenakan wasit akan memberitahunya. Jika tidak, maka gol tidak tercipta. Teknologi tidak bisa berbohong.

10. VAR

FBL-EUR-C1-TOTTENHAM-MAN CITY© IAN KINGTON/GettyImages
FBL-EUR-C1-TOTTENHAM-MAN CITY

Ini dia teknologi terbaru yang belakangan ini ramai dibahas publik Eropa dan dunia. VAR (Video Asisten Wasit) sudah digunakan tahun lalu dengan pengenalan kepada dunia terjadi di Piala Dunia 2018. Wasit akan melihat kembali tayangan ulang pada momen-momen yang janggal semisal: handball, pelanggaran, atau offside.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait