Paruh Kedua Musim Dimulai, Siapa Bisa Hentikan Marquez?

  • Whatsapp
Paruh Kedua Musim Dimulai, Siapa Bisa Hentikan Marquez?
Paruh Kedua Musim Dimulai, Siapa Bisa Hentikan Marquez?

Jakarta – Setelah libur tiga pekan, MotoGP kembali digelar pada akhir pekan ini di Republik Ceko. Situasinya masih sama: siapa bisa hentikan Marc Marquez?

Paruh pertama MotoGP musim 2019 ditutup dengan kemenangan Marc Marquez di MotoGP Jerman. Itulah kemenangan kelima dia musim ini dari sembilan balapan yang sudah dihelat.

Muat Lebih

Loading...

Statistik itu membuat Marquez berdiri mantap di puncak klasemen MotoGP, keunggulannya atas Andrea Dovizioso pada posisi dua melebar hingga 48 angka. Karena selisih poin yang terlalu lebar itu, Cal Crutchlow beberapa hari lalu sampai bilang kalau persaingan MotoGP musim 2019 sebenarnya sudah selesai.

Benarkah begitu?

Prediksi Crutchlow jelas terlalu dini. Masih ada 10 balapan di paruh kedua musim ini, yang artinya ada 250 poin maksimal yang bisa diraih. Apapun bisa terjadi.

Tapi untuk mematahkan prediksi Cruthlow juga tak mudah. Saat ini tak ada pebalap yang cukup konsisten demi bisa, paling tidak, membayangi Marquez. Dovizioso yang sejak awal musim digadang-gadang jadi penantang utama malah terus kedodoran. Ducati, sebagaimana dikeluhkan Dovizioso, kini sudah disaingi oleh Yamaha dan Suzuki dalam pengembangan motor.

Adalah Yamaha yang kini menunjukkan potensi besar untuk bisa bersaing dengan Marquez dan Honda-nya. Finis posisi 1 dan 2 yang beturut-turut diraih Maverick Vinales sebelum jeda musim panas adalah indikasi paling jelas atau kebangkitan Yamaha. Kalau tidak bernasib nahas mengalami tiga crash di Argentina, Prancis, dan Catalunya, Vinales akan bersaing ketat di papan atas.

Jangan lupakan juga Fabio Quartararo. Debutan asal Prancis itu sudah dua kali naik podium plus tiga kali meraih pole position. Wonderkid berusia 20 tahun ini adalah salah satu alasan isu Valentino Rossi akan dipensiunkan Yamaha muncul pekan lalu.

“Tentu saja Ducati akan comeback dan mereka akan sangat cepat, tapi saat ini pebalap-pebalap yang harus dikalahkan adalah duo Yamaha, Vinales dan Quartararo. Saya pikir mereka akan sangat cepat di paruh kedua musim,” ucap Marquez pada medio Juli lalu.

Masih ada 10 balapan tersisa musim ini, yang membuka peluang apapun untuk terjadi di MotoGP. Marc Marquez diprediksi masih akan mendominasi, tapi duo Vinales dan Quartararo tentu sangat layak diperhitungkan.

Fabio Quartararo tampil luar biasa baik di paruh pertama musim Foto: Vincent Jannink / AFP

Menarik juga menantikan respons Ducati demi mendukung bangkitnya Dovizioso dan Danilo Petrucci.

(din/raw)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait