Kurang Kompetitif, Sainz Jr Minta F1 Tiru Langkah MotoGP : Okezone Sports

  • Whatsapp
Kurang Kompetitif, Sainz Jr Minta F1 Tiru Langkah MotoGP : Okezone Sports
Kurang Kompetitif, Sainz Jr Minta F1 Tiru Langkah Motogp : Okezone Sports

Muat Lebih

Loading...

MONTREAL – Pembalap McLaren, Carlos Sainz Jr, mendesak agar para pemangku kepentingan di Formula One (F1) dapat meniru langkah MotoGP sehingga balapan jet darat tersebut tetap kompetitif. Hal tersebut sangat penting untuk menjaga masa depan F1 sebagai balapan bergengsi.

Balapan F1 dalam 10 tahun terakhir memang terasa membosankan. Sebab, dua tim, yakni Red Bull Racing dan Mercedes AMG Petronas bergantian mendominasi sejak dekade 2010. Perubahan regulasi yang diharapkan membuat balapan lebih kompetitif, ternyata gagal.


Jurang yang terlalu lebar antara tiga tim teratas, Red Bull, Mercedes, dan Scuderia Ferrari, sangat sulit dikejar tujuh tim lainnya, termasuk McLaren. Kondisi itu membuat Carlos Sainz Jr sedikit kecewa. Walau menjalani balapan yang sempurna, dirinya dan pembalap tim menengah sulit meraih kemenangan.

(Baca juga: Persaingan Ketat MotoGP Buat Honda dan Marquez Bahagia)

“Anda lihat pembalap mobil seperti Marcus (Ericsson) yang berlaga di IndyCar langsung punya potensi memenangi balapan ketika pindah ajang. Lalu, Anda melihat diri sendiri di F1 yang terjebak di posisi tujuh,” papar Carlos Sainz Jr, mengutip dari Crash, Selasa (11/6/2019).

“Saya memang belum bosan, tetapi lihat sosok-sosok senior seperti Sergio Perez dan Nico Hulkenberg, mereka sudah di sini sejak lama, tetapi terus kesulitan menang. F1 butuh perubahan yang cepat. Saya mengenal Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna) di MotoGP dengan baik. Tim-tim awalnya keberatan dengan penyeragaman perangkat elektronik, tetapi lihat sekarang. Menurut saya, itu adalah contoh yang sangat bagus dan saya ingin melihatnya di F1 pada masa depan,” imbuh pembalap berusia 24 tahun itu.

Carlos Sainz Junior (Foto: McLaren/Twitter)

Kemenangan terakhir yang diraih oleh pembalap di luar tiga tim tersebut adalah Kimi Raikkonen di F1 GP Australia 2013. The Iceman kala itu masih membela Lotus-Renault yang kini berubah nama menjadi Renault Sport F1.

(fmh)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait